Cara Alami Untuk Mencegah Batu Ginjal

AntariMedia.com - Batu ginjal adalah material keras yang menyerupai batu dan terdapat di dalam ginjal. Cara mencegah batu ginjal ialah dengan cara menanamkan pola hidup sehat.

Batu ginjal penyebab bisa saja dari makanan maupun gangguan kesehatan lainnya. Adapun jenisnya, batu ginjal terbagi menjadi empat, yakni batu kalsium, batu asam urat, batu struvit, dan batu sistin.

Cara mencegah batu ginjal secara alami juga memang sangat diperlukan karena selain pengobatan medis, pengobotan herbal juga menjadi pilihan yang tepat. Dan berikut ulasan dari admin mengenai cara alami mencegah batu ginjal.


1. Banyak minum air

Perbanyaklah minum air jika menginginkan ginjal menjadi sehat. Air mampu membuat ginjal anda sehat sehingga batu ginjal tidak bisa terbentuk.

Tetapi, jika anda mengkonsumsi banyak soda, maka bisa jadi akan memicu meningkatnya pembentukan batu ginjal. Tetapi untuk konsumsi kopi, teh, dan jus jeruk masih dianggap wajar.

2. Menambah asupan sitrat

Asam sitrat ialah zat yang bisa dijumpai dalam buah serta sayuran. Lemon sangatlah banyak mengandung senyawa ini. Asam sitrat bisa membantu untuk mencegah batu ginjal dengan dua cara:
Mencegah pembentukan batu ginjal
Mencegah pembesaran batu ginjal

3. Tidak boleh mengkonsumsi vitamin C dengan dosis yang tinggi

Perlu diketahui jika vitamin C dapat meningkatkan munculnya batu ginjal. Hal ini dikarenakan vitamin C bisa dua kali mengembangkan batu ginjal dibandingkan dengan orang-orang yang tidak mengkonsumsi vitamin C.

4. Cukupi kalsium

Sangatlah salah apabila anda perlu mengurangi asupan kalsium untuk mengurangi risiko pembentukan batu ginjal. Padahal sebenarnya tidak begitu.

Makanan yang tinggi akan kalsium telah dikaitkan erat dengan penurunan risiko pengembangan batu ginjal.

5. Kurangi garam

Diet garam yang baik mampu meningkatkan risiko batu ginjal pada beberapa orang. Apabil anda mengonsumsi sodium atau garam meja, anda akan meningkatkan ekskresi kalsium melalui urin.

6. Menambah asupan magnesium

Magnesium ialah salah satu bahan yang paling dibutuhkan untuk tulang dan juga ginjal. Jika anda ingin meningkatkan asupan magnesium, anda bisa dengan mengkonsumsi alpukat, kacang-kacangan, serta tahu.

Anda juga bisa mencoba untuk mengonsumsi sumber magnesium dalam kurun waktu 12 jam.

7. Kurangi makan protein hewani

Diet yang tinggi protein bisa memicu risiko munculnya batu ginjal. Anda harus berhenti mengonsumsi ikan dan daging serta produk susu dalam jumlah yang

Comments

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...