Dampak Bahaya Sering Konsumsi Makanan Instan, Paling Parah Bisa Terserang Kanker

AntariMedia.com - Era jaman yang kian hari semakin berkembang sehingga bisa membuat manusia semakin mudah. Saking mudahnya, ternyata kemajuan teknologi juga masuk ke dalam kategori kebutuhan makanan, yaitu makanan instan.

groceryasia.com.au

Beberapa aneka makanan instant indonesia bisa sangat mudah dijumpai, entah itu makanan instant di indomaret, jenis makanan instan untuk diet dan masih banyak lagi.

Bahkan aneka jenis makanan instan kekinian pun kita juga sangat gampang saat ini untuk mengkonsumsinya, misal makanan kekinian yang sedang trending di luar negeri anda tak perlu mencarinya harus ke luar negeri, karena tinggal ke Indomaret atau Alfamart terdekat anda pasti langsung bisa mendapatkannya serta tinggal membuatnya di rumah.

Makanan instan mungkin lebih identik dengan makanan instan anak kos, selain harganya terjangkau dan juga gampang memasakanya, faktor hemat juga menjadi salah satu pilihan.

Akan tetapi, keberadaan makanan instan juga cukup digemari, karena mudahnya cara pembuatannya. Tetapi, dibalik kemudahan itu ternyata makanan instan juga harus dihindari. Karena makanan instant memiliki kandungan zat pengawet yang sangatlah tidak baik bagi tubuh. Seringnya mengkonsumsi makanan makanan instan

Buat para pecinta makanan instan, di balik kepraktisan penyajiannya, makanan instan merupakan salah satu jenis makanan yang harus dihindari. Bukan hanya karena kandungan zat pengawet yang memang tidak baik untuk tubuh, tapi dengan terus mengonsumsi makanan instan, maka zat-zat kimia lainnya pun akan memberikan dampak jangka panjang pada tubuh.

Di dalam makanan instan terdapat beberapa kandungan zat kimia diantaranya seperti:

  • Natrium polifosfat
  • Lemak dan gluten
  • Asam malat dan zat tartazin
  • Alginat dan gliserin
  • Zat stirofoam pada kemasan plastik
  • PCM (vinyl chlorid monomer dan timbal) pada kemasan kaleng
  • Asam amino dan lesitin

Zat-zat kimia itu jika terus menerus masuk ke dalam tubuh maka akan menjadikan bibit-bibit penyakit yang sangat berbahaya. Adapun dampak penyakit yang disebabkan oleh makanan instan yang dikonsumsi terus menerus ialah:

1. Kanker
Pecinta mi instan haruslah mulai mengurangi kebiasaan mengkonsunsi makanan enak yang satu ini. Hal ini dikarenakan di dalam mi instan ada kandungan MSG dan juga bahan lilin yang digunakan sebagai pelapis mi supaya tidak lengket saat dikemas pada plastik pembungkusnya.

Makanan instan yang mengandung MSG cukup tinggi, maka dampaknya bisa merusak sel-sel tubuh dan bisa menumbuhkan sel kanker. Adapun jenis kanker yang biasa di idap orang yang hobi mengkonsumsi makanan instan ialah kanker usus, hati, dan juga darah (leukimia).

2. Bisa merusak otak
Bahay mengkonsumsi makanan instan yang kedua ialah bisa merusak otak. Zat pengawet dan juga pewarna yang terdapat pada makanan instan bisa mengendap dan juga mengkristal di dalam tubuh. Lalu sedikit demi sedikit kristal iti akan terbawa melalui aliran darah menuju ke jaringan otak. Dan efek inilah yang akan membuat otak mengalami kemunduran dalam hal berpikir dan juga kecerdasan.

3. Meningkatnya gula darah
Selain memiliki kandungan MSG, makanan instan juga mengandung gula dengan kadar yang sangat tinggi demi menjaga rasa agar selalu enak. Tetapi, kandungan gula dan karbohidrat yang cukup tinggi di dalam makanan instan bisa menyebabkan kadar gula darah meninggi yang bisa datangkan penyakit diabetes tipe 2.

Adapun makanan yang mengandung gula tinggi ialah kue kering, roti, biskuit dan masih banyak lagi tentunya.

4. Obesitas
Dampak konsumsi makanan instan seecara berlebih ialah bisa menyebabkan obesitas, hal ini karena kandungan kalori dan juga gula yang tinggi. Faktor itulah menyebabkan berat badan akan naik secara mengejutkan bahkan hanya dalam kurun waktu satu bulan. Adapun cara mengatasi naiknya berat badan yaitu dengan cara rutin minum air putih, sayur-sayuran, dan juga buah-buahan.

5. Usus menjadi terganggu
Zat kimia yang ada di makanan instan dengan bahan dasarnya adalah karbohidrat maka bisa menekan dan juga melukai dinding usus. Zat pengawet makanan instab bersifat adiktif dan juga busa lengket di usus, dan hasilnya bisa menyebabkan usus menjadi lengket ke dinding usus lain. Gangguan pada usus sendiri akan ditangani dengan operasi, yakni guna melepaskan usus yang lengket.

Sumber: Tempo.co

Comments

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...