Himbauan Terkini Bagi Warga Jawa dan Bali Untuk Waspada 5 Hari Ke Depan Akan Datangnya Bencana

AntariMedia.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan juga Geofisika (BMKG) tengah memantau serta menganalisa curah hujan yang menunjukkan jika sebagian wilayah Jawa saat ini sedang diguyur hujan selama beberapa pekan terkahir yang akan berdampak pada bencana hidrometerologi misal seperti genangan, banjir, serta longsor.


Di dalam keterangam resmi yang dirilis oleh BMKG yang diterima oleh Tribun Bali, Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono R. Prabowo mengatakan jika adanya sirkulasi angin yang tertutup di Laut Jawa yang cukup persisten sampai 3 hari kedepan dan bisa mengakibatkan terbentuknya angin di sepanjang Jawa, Bali, sampai ke Nusa Tenggara Timur.

Kondisi cuaca yang seperti itu bisa membuat meningkatnya pembentukan serta pertumbuhan awan hujan pada wilayah tersebut.

Selain itu, juga akibat adanya aliran massa udara basah yang masuk dari Samudera Hindia yang turut membantu berkembangnya awan hujan pada wilayag Sumatera bagian Selatan, Jawa, Bali, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan dan tenggara serta Maluku.

"Kondisi seperti ini bisa menyebabkan terjadinya potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang khususnya di Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam 5 (lima) hari kedepan (26 – 30 November 2018),” tambah Prabowo.

Lebih lanjut lagu, Prabowo juga menghimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dan juga berhati-hati terhadap dampak lanjutan yang dapat ditimbulkan kondisi cuaca tersebut misal seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi cuaca terkini bisa menghubungi layanan informasi BMKG 24 jam, melalui:

  1. call center 021-6546315/18;
  2. http://www.bmkg.go.id 
  3. follow @infobmkg;

Atau juga bisa langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.

Sumber: Tribun-Bali.com

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
.....Klik 2x (Close).....