Jadwal SKB CPNS Digelar Pada Tanggal 1 - 4 Desember, Dan Berikut Bocoran Soalnya

AntariMedia.com - Badan Kepegawaian Negara (BKN) sudah umumkan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang akan dilaksanakan pada awal bulan bulan depan. Tepatnya akan digelar pada tangga 1 hingga 4 Desember 2018.


Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana telah mengatakan, nantinya tes SKB akan terbagi jadi dua tahap. Tahap pertama ialah tahap khusus bagi mereka yang menggunakan sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Sementara yang kedua ialah sistem yang menggunakan Computer Assisted Tes (CAT) milik BKN.

Lalu untuk tes yang mengggunakan sistem UNBK akan digelar pada tanggal 1-2 Desember. Sedangkan untuk peserta CPNS 2018 yang akan melakukan tes SKB yang menggunakan sistem CAT milik BKN akan diselenggarakan pada tangga 3 sampai 4 Desember 2018.

"Tesnya karena tidak sebanyak SKD, maksimum yang ikut tes SKD kan hanya 260 orang, sehingga tempat tesnya tidak sebanyak tanggal 4 diharapkan kita sudah melakukan tes SKB," ujarnya di Kantor Pusat BKN, Jakarta, Kamis (22/11/2018).

Alasan kenapa menggunakan tes UNBK didulukan karena fasilitas UNBK akan digunakan oleh sekolah-sekolah untuk Ujian Sekolah yang jatuhnya juga tepat pada akhir tahun atau bulan Desember. Maka dari itu, BKN memilih untuk menjadwalkan tes UNBK dimajukan tanggalnya supaya mereka yang menggunakan fasilitas tes UNBK bisa berjalan dengan lancar.

"Tesnya akan bersamaan. Mudah mudahan untuk yang menggunakan fasilitas BKN bisa dimulai tanggal 4. Tetapi untuk yang menggunakan fasilitas UNBK tidak akan menggunakan itu. Karena ada ujian sekolah," jelasnya.

Sedangkan untuk soal tesnya masih sama dengan tahub lalu. Soal-soal tes SKB masih berbasis komputer dengan nilai passing grade yang sama dengan tahun lalu.

Tetapi, ada sedikit perubahan pada soalnya. Soal-soal pada tahun ini akan sedikit direvisi dan disesuaikan dengan berkembangnya jaman.

"SKB masih tetap menggunakan komputer. Jadi kita penasaran prosesnya dengan komputer base," ucapnya.

Pada tes SKB tersebut nantinya terbagi menjadi dua kelompok. Untuk kelompok yang pertama adalah peserta CPNS yang lolos SKD dengan sistem passing grade dan juga peserta CPNS yang lolos SKD dengan peraturan baru yakni sistem ranking.

"Soalnya sama saja, baik lulus passing grade maupun tidak lulus SKD sama," ucapnya.

Sumber: Okezone.com



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel