Kemenangan di Hari Pahlawan, Persebaya Sukses Cukur Habis PSM Makassar

AntariMedia.com - Lanjutan Gojek Liga 1 bersama Bukalapak mempertemukan duel klasik yakni Persebaya Surabaya vs PSM Makassar, Sabtu 10 November 2018, yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo.


Bermain sebagai tuan rumah, Persebaya memang tampil mendominasi permainan, ball posession pun hampir semuanya dikuasai Persebaya Surabaya.

Meski tampil dominan menyeranga, nyatanya skuad Persebaya Surabaya sangat kesulitan menembus rapatnya pertahana kubu tim tamu yang kali ini lebih memilih bermain menunggu bola.

PSM Makassar sendiri bukannya tak tampil menyerang, akan tetapi pola serangan yang dilancarkan Juku Eja selalu bisa dipatahkan para pemain Persebaya, apalagi motor serangan PSM mengandalkan gelandang andalan mereka, Wiljan Pluim.

Mematikan pergerakan Pluim merupakan strategi yang cukup tepat dilakukan pelatih Persebaya, Coach Djajang Nurdjaman. Alhasil Pluim sangat kesulitan untuk bergerak bebas menguasai bola.

Malapetaka menimpa PSM pada menit ke 39 melalui blunder Steven Paulle. Steven yang ingin memberikan umpan sundulan ke arah Rivky Mokodompit, penjaga gawang PSM. Tetapi bolanya bisa dibaca oleh Ferinando Pahabol yang lolos jebakan offside dan ia pun sukses menceploskan bola ke gawang PSM.

Keunggulan Persebaya melalui umpan gratis tersebut bertahab hingga peluit akhir babak pertama dibunyikan.

Babak kedua bergulir, Tim tamu PSM langsung tampil menekan dan juga merubah strategi dengan memasukkan Ferdinand Sinaga.

Masuknya Ferdinand Sinaga membuat pola serangan PSM lebih hidup. Alhasil puncaknya pada menit ke 57, PSM mampu menceploskan bola ke gawang Persebaya Surabaya, tetapi gol pun dianulir karena pemain PSM lebih dulu dianggap melakukan pelanggaran.

Tak mau ketinggalan, beberapa menit setelah itu, Bajol Ijo mengancam pertahanan PSM, yakni melalui aksi Pahabol yang hampir membobol kedua kalinya gawang Rivky Mokodompit. Tapi sayang tendangan pahabol masih bisa diamankan oleh sang penjaga gawang PSM itu.

Coach Djanur pun akhirnya merubah strategi dengan memasukkan striker andalan Persebaya yang juga Top Skor Gojek Liga 1, yaitu David da Silva.

Masuknya David da Silva juga membuat serangan Persebaya lebih tajam. Pasca absen setelah cedera, David da Silva langsung mencetak gol pada menit ke 63. Memanfaatkan tendangan ke arah tiang jauh Rivky Mokodompit yang memang sulit ia jangkau.

Skor pun berubah 2-0. Sadar tertinggal PSM tampil lebih ngoyo, tapi karena rapatnya pertahanan Bajul Ijo membuat Ferdinand Sinaga cs sulit menembusnya.

Memasuki menit akhir, pelatih Djajang Nurdjaman kembali merubah strategi dan lebih memilih bermain bertahan, yakni dengan memasukkan Ok John.

Meski merubah strategi menyerang menjadi bertahan, nampaknya momen hari pahlawan memang memotivasi para pemain. Hal itu dikarenakan banyaknya peluang yang mereka ciptakan.

Puncaknya pada menit ke 90, Persebaya Surabaya mampu manambah gol ketiganya. Yakni memanfaatkan tendangan bebas yang di eksekusi Ruben Sanadai, ia memberika umpan jauh, dan berhasil disundul oleb Fandri Imbiri.

Skor berubah menjadi 3-0, dan PSM pun tak bisa mengejar ketertinggalan hingga peluit akhir babak kedua dibunyikan. Persebaya mampu mengunci 3 gol tanpa balas di kandang sendiri.

Dengan kekalahan ini PSM Makassar masih berada di pucuk klasemen dengan 53 poin dan tanpa tambahan poin.

Sedangkan Persebaya Surabaya, mampu naik ke peringkat 9 dengan raihan poin sementara 41.

Comments

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...