Manfaat Tersembunyi DIbalik Donor Darah Bagi Kesehatan

AntariMedia.com - Donor darah adalah proses mengambil darah dari seseorang yang sukarela memberikan darahnya bagi seseorang yang sedang membutuhkan darah. Setiap orang di ijinkan jika ingin mendonorkan darahnya, tetapi harus melalui syarat donor darah terlebih dahulu.

Selain itu, donor darah PMI juga selalu digalang, yakni bertujuan untuk stok darah yang ditujukan sebagai transfusi darah jika suatu saat ada yang tiba-tiba membutuhkan transfusi darah. Maka dari itu, donor darah sangatlah memiliki banyak manfaat entah manfaat untuk orang lain maupun manfaat donor darah bagi kesehatan.

Memang sih, setelah mendonorkan darah akan merasakan efek yang tidak enak yaitu merasa lelah dan juga lemas, tapi jangan kuatir karena efek donor darah bagi tubuh hanyalah sementara. Akan tetapi, manfaat donor darah bagi tubuh kita pastinya sangatlah banyak, terlebih untuk masalah kesehatan.

Rutin mendonorkan darah akan memiliki harapan hidup lebih lama dan juga resiko mempunyai penyakit mematikan misal seperti kanker akan sangat kecil. Mengutip dari laman Dokter Id, ada beberapa manfaat donor darah bagi kesehatan, lalu apa saja sih manfaatnya, simak ya.


NaijaNews.com

1. Turunkan resiko penyakit jantung

Rutin mendonorkan darah ternyata bisa menjaga kesehatan jantung, hal ini dikarenakan dengan mendonorkan darah bisa meningkatkan fungsi jantung dan pembuluh darah secara menyeluruh. Donor darah juga bisa menambah zat besi yang ada pada darah dan juga bisa menurunkan penyakit jantung.

2. Mampu Membakar kalori

Rutin mendonorkan darah ternyata bisa membuat tubuh jadi fit. Hal ini dikarenakan, donor darah kurang lebih 450ml bisa membantu turunkan berat badan. Hal ini karena dengan donor darah 450ml, maka kalori sebanyak 650 akan terbakar.

3. Cegah penyakit kanker 

Manfaat yang sangat dipercaya dari donor darah ialah bisa mencegah terjadinya penyakit kanker, baik kanker hati, paru-paru, usus, perut dan juga tenggorokan.

4. Produksi darah akan bertambah 

Donor darah bermanfaat juga untuk menstimulasi produksi sel darah baru. Pengambilan darah ketika donor darah akan membuat tubuh menjadi lebih sehat serta bekerja secara maksimal.

5. Pikiran menjadi stabil

Mendonorkan darah ternyata bisa juga untuk menstabilkan pikiran, karena dengan mendonorkan darah membuat pikiran jadi senang dan juga tenang.

6. Menjadi banyak zat besi 

Pabila anda mengalami meningkatnya zat besi pada darah, maka donor darah bisa membantu sebagai pelindung jantung dari ancaman segala penyakit yang kemungkinan datang menyerang. Jadi, saat mendonorkan darah secara teratur, maka zat besi akan banyak yang keluar dalam wujud darah.

7. Bisa Cek kesehatan

Ketika hendak donor darah maka darah anda akam diperiksa terlebih dahulu apakah ada penyakit yang serius atau tidak, tetapi jika ditemukan penyakit serius, maka pihak Palang Merah akan memberitahukan anda.

8. Bermanfaat bagi orang tua

Banyak sudah yang memiliki usia lanjut serta dalam keadaan kesehatan yang baik bisa juga untuk mendonorkan darahnya secara rutin, karena dengan mendonorkan darah akan membuat mereka menjadi lebih bersemangat serta kesehatan akan terjaga.

9.Turunkan kadar kolesterol 

Manfaat donor darah ternyata bisa juga membuat kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh akan menurun. Selain itu, dengan mendonorkan darah bisa juga menurunkan tekanan darah tinggi atau yang biasa disebut juga dengan hipertensi.

Sumber Artikel: Dokter.id

Comments

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...