Prabowo - Sandiaga Uno Menang Pilpres 2019: Janji PKS Akan Hapus Pajak Sepeda Motor Serta SIM Berlaku Seumur Hidup

AntariMedia.com - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah menyampaikan janjinya apabila Prabowo Subianto - Sandiaga Uno nantinya terpilih pada Pilpres 2019, PKS bersiap-siap akan memperjuangkan RUU pemberlakuan Surat Izin Mengemudi (SIM) yang akan berlaku sampai seumur hidup serta menghapus pajak sepeda motor.


“Kebijakan ini dipastikan akan meringankan beban hidup rakyat Indonesia. Data-data juga sudah menunjukkan beban hidup rakyat semakin berat.  Hal ini tak lepas dari tarif dasar listrik yang naik, harga beras kualitas medium juga terus naik,” kata Wakil Ketua Tim Pemenangan Pemilu PKS, Almuzzamil Yusuf di kantor DPP PKS, Jakarta, Kamis (22/11/2018).

Menurutnya, apabila pengguna sepeda motor mendapat insentif fiskal dengan penghapusam pajak tahunan, maka masyarakat tidak akan direpotkan dengan mengurus surat-surat kendaraan, sehingga lebih banyak waktu produktif yang dapat digunakan untuk bekerja. “Jadi ekonomi lebih bergeliat lagi,” jelas dia.

Ketika ditanya apakah hal tersebut tidak akan mengganggu pendapatan daerah karena masalah penghapusan pajak, Almuzzamil pun menjelaskan, gagasan tersebut sudah dipikirkan secara matang-matang dan tidak akan menggangu keuangan pemerintah daerah maupun pusat.

“Penghapusan pajak ini tidak akan mengganggu secara signifikan keuangan APBD provinsi. Dan perlu kita ketahui bahwa pajak sepeda motor selama ini menjadi salah satu sumber pendapatan pemerintah provinsi. Tetapi, data beberapa provinsi menunjukkan jika porsi dari pendapatan pajak sepeda motor itu kurang lebih hanya sekitae 7-8 persen dari total APBD,” ujarnya.

Almuzzamil juga merinci, penghapusan pajak sepeda motor tersebut akan mencakup pajak kendaraan bermotor (PKB), pajak bea balik nama kendaraan bermotor (PBBNKB), tarif sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan, administrasi STNK, dan juga TNKB.

Sedangkan untuk masa berlaku SIM yang akan ditetapkan menjadi seumur hidup tersebut demi bertujuan supaya menghemat biaya serta tidak merepotkan pengguna kendaraan. Adapun usulan SIM seumur hidup akan diberlakukan untuk jenis SIM A, SIM B1, SIM B2, SIM C, dan SIM D.

“Pembaruan SIM setiap lima tahun sekali sangat merepotkan. Usulan ini agar biaya yang dibayar masyarakat ringan, cukup sekali saja membayar biaya pembuatan SIM. Hal itu sudah berlaku di sejumlah negara juga,” tuturnya.

Sumber: iNews.id

 

Comments

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...