4 Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan, Salah Satunya Menyehatkan Pencernaan 

AntariMedia.com - Buah Tomat dikenal cukup kaya akan manfaatnya dan sudah sejak dulu serta dipakai juga sebagai pelengkap rasa masakan. Cita rasa yang khas dari buah tomat yang gurih serta sedikit asam dikenal juga memiliki kandungan senyawa serupa umami, zat yang ada di dalam monosodium glutame (MSG).


Perbedaannya, kandungan umami yang ada di dalam buah tomat terbentuk lebih alami, alhasil menjadi lebih bersahabat untuk menyehatkan tubuh. Jadi janganlah heran jika khasiat buah tomat menjadi andalan bagi ibu-ibu dalam mengolah setiap masakan.

Selain dikenal akan kaya rasa, ternyata aneka manfaat tomat bagi kesehatan juga sangat banyak lho. Mulai dari menyehatkan pencernaan, mencegah penuaan dini serta menurunkan resiko serangan jantung.

Mengutip dari laman Fajar.co.id berikut rangkuman 4 Manfaat tomat bagi kesehatan, Simak ya.

1. Sumber antioksidan

Semakin merah warna buah tomat, maka. Semakin tinggi pula kandungan lycopene yang ada di dalamnya. Sebagai antioksidan yang sangat dibutuhkan tubuh guna memerangi radikal bebas. Bukan hanya khasiat tomat segar saja, olahan tomat yang seperti saus tomat ternyata juga mengandung antioksidan yang sama.

Selain lycopene, warna merah pada tomat ternyata juga menunjukkan tingginya kandungan beta karoten. Kedua kandungan tersebut berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung. Sebuah peniliti kesehatan menunjukkan jika kadar lycopene dan beta karoten yang rendah pada tubuh bisa menyebabkan resiko stroke dan juga serangan jantung di lain hari.

2. Menyehatkan pencernaan

Satu buah tomat yang berukuran sedang, menyimpan kandungan serat sebanyak 1.5 gram. Kandungan serat ini cukup baik untuk menjaga kelancaran dan Kesehatan saluran pencernaan terutama untuk menghindari sembelit. Khasiat tomat juga cukup baik bagi yang menginginkan berat badan tetap ideal.

Kalori ya hanya 22 kal per 1 buah tomat, kandungan serat di dalamnya juga memiliki peran penting untuk menjaga keseimbangan kadar gula darah yang merupakan salah satu usaha menurunkan resiko obesitas dan diabetes di lain hari.

3. Menjaga keremajaan kulit

Selain menyehatkan jantung, otak dan juga saluran pencernaan, mengkonsumsi buah tomat juga bisa memberikan manfaat pada kulit anda. Pastinya sudah tahu kan penyebab penuaan dini pada kulit ialah disebabkan oleh radikal bebas.

Radikal bebas inilah yang diproduksi oleh tubuh ketika sedang sakit, stres, atau akibat polusi lingkungan sekitar. Sebagai penangkalnya, maka dari itu diperlukan antioksidan yang cukup san buah tomatlah sebagai penghasil sumber antioksidan yang cukup.

Selain itu, tomat juga mengandung antioksidan naringenin dan asam klorogenik yang berperan penting guna menjaga kesehatan kulit, serta menghindari diri dari kerutan dan juga penuaan dini.

4. Sumber vitamin dan mineral

Konsumsi buah tomat membuat seseorang tak hanya mendapat manfaat antioksidan dan juga serat, tetapi juga bisa mendapatkan berbagai vitamin dan mineral yang ada di dalamnya.

Tomat menyimpan kandungan vitamin C yang sangatlah baik untuk menjaga daya tahan tubuh, potassium yang penting guna mengontrol tekanan darah, vitamin K yang bekerja untuk menjaga kelancaran proses pembekuan darah, dan juga asam folat yang mengatur proses pembentukan sel dan regenerasinya.

Manfaat tomat ini bisa didapat baik dalam bentuk masih segar maupun dari produk olahan. Akan tetapi, manfaat tomat akan lebih maksimal jika diimbangi dengan pola hidup yang sehat, yakni istirahat teratur, olahraga rutin dan juga konsumsi berbagai zat gizi lainnya.

Maka dari itu janganlah ragu untuk mengkonsumsi tomat mulai saat ini karena manfaat tomat memang sangat baik bagi. Kesehatan. Sekian info dari kami semoga bermanfaat jangan lupa share ya, terimakasih.

Sumber: Fajar.co.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel