Inilah 6 Kota Yang Sudah Tak Berpenghuni, Dulunya Indah Sekarang Amburadul

AntariMedia.com - Berbicara soal kota tak Berpenghuni pastinya yang ada dipikirkan anda kotanya horor, sepi, serta muncul hawa-hama mistis. Ada yang perlu diketahui nih jika ada kota di dunia yang sudah tak Berpenghuni dan sudah lama pula ditinggalkan.

Beberapa alasan yang mengharuskan para penghuni untuk pergi meninggalkan kotanya tersebut, diantaranya mulai dari bencana gempa bumi, letusan gunung, bencana nuklir serta ada juga kotanya di ambil alih saat masih masa perang.

Mengutip dari laman TribunTravel.com ada sebanyak 6 kota yang sudah lama ditinggalkan oleh penghuninya, lalu apa saja sih nama kota tersebut, simak ya. 

6 Kota Yang Sudah Tak Berpenghuni

1. Pripyat, Ukraina

chernobylguide.com

Pripyat merupakan salah satu kota yang paling terpengaruh bekas adanya bencana nuklir Chernobyl di tahbu 1986 lalu.

Kejadian itu dikenal dengan tragedi bencana nuklir yang bisa melepaskan radiasi hingga berjumlah cukup besar.

Meskipun begitu, dulunya tempat ini juga cukup terkenal lho dengan tempat hiburannya, yakni taman hiburan yang kini sudah sepi.

2. Pyramiden, Svalbard, Norwegia
cruisemapper.com

Kepulauan Svalbard, berada di tengah-tengah yang mana diantara daratan Norwegia dan Kutub Utara.

Kepulauan ini adalah rumah bagi kurang lebih 2.145 manusia, 1.000 beruang kutub, dan juga sebuah kota hantu: Pyramiden.
Pyramiden ini menjadi sangat terkenal di tahun 1930-an, Saat itu Soviet mengambil alih kepemilikan ladang batubara di daerah itu dan dengan cukup cepat memulai operasi penambangan.

3. Oradour-sur-Glane, Prancis

wikimedia.org

Di tahun 10 Juni 1944, pasukan Jerman menyerbu Oradour-sur-Glane dan juga membunuh 642 orang diantaranya pria, wanita, dan anak-anak.

Ketika selesai melakukan pembantaian itu, militer pun tak ketinggalan membakar gereja, lumbung, hingga rumah, dan juga masih meninggalkan beberapa warga yang masih hidup.

Sejak tragedi itu, Oradour-sur-Glane tetap tak ada yang menginjakkan kaki bah kini difungsikan sebagai tempat suci.

4. Kolmanskop, Namibia

raredelights.com

Pada tahun 1908, Kolmanskop menjadi penambangan berlian, alhasil mampu menjadikan kota ini menjadi penuh kemewahan.

Nah uniknya penghuni kota ini berpindah karena telah menemukan berlian yang lebih banyak dan letaknya berada di selatan Kolmanskop.

Maka dari itu kota ini menjadi kota mati karena sudah tidak ada penghuninya. 

5. Waiuta, South Island, Selandia Baru

resources.stuff.co.nz

Pada awal tahun 1900an, para penambang telah membangun sebuah kota berada tepat di atas seluruh batu kuarsa yang banyak mengandung emas.

Menurut Departemen Konservasi Selandia Baru, kota itu diklaim mampu menghasilkan 750.000 ons emas dari 1,5 juta ton kuarsa.

Pada tahun 1930an juga kota ini sudah memiliki rumah sakit sendiri, kantor polisi, dan kantor pos, ditambah sebuah populat.

Kota ini tumbuh sangat pesat dan pada akhirnya musibah tak terduga datanng pada tahun 1951 karena pusat pertambangan utama runtuh.

Karena kejadian inilah yang memaksa penduduk meninggalkan kota tersebut.

6. Craco, Italia

orangesmile.com

Craco adalah sebuah kota dan berada di sebuah puncak bukit yang telah didirikan pada abad ke-8.

Selama beberapa abad, kota ini juga mengalami banyak kejadian, mulai dri bencana gempa bumi, perang, serta Wabah Hitam atau Black Death.

Bencana terakhir terjadi pada tahun 1963 karena adanya longsor. Dan bencana longsor inilah yang membuat semua penduduk yang tersisa menjadi pergi meninggalkan kota itu untuk mengungsi.

Nah itulah 6 yang sudah tak Berpenghuni, kotanya sih cukup bagus sebenarnya tapi ya mungkin itu dulu kalo sekarang pasti sudah berantakan. Jika artikel dari Antari Media bermanfaat bagi pembaca di rumah jang lupa bantu share dan juga subscribe Antari Media ya, supaya Antari Media selalu menyuguhkan informasi menarik lainnya.

Comments

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...