Bahaya Konsumsi Berlebih Sayap dan Ceker Ayam Bagi Wanita

AntariMedia.com - Ayam adalah salah satu menu masakan yang paling sering dikonsumsi serta aneka macam olahan ayam juga cukup banyak dijumpai. Selain bagian daging yang dikonsumsi, bagian ayam yang terdiri dari ceker dan sayap ternyata juga sangat difavoritkan untuk dikonsumsi.


Meskipun bagian ceker dan sayap ayam menjadi favorit untuk dikonsumsi, ternyata dua bagian ayam tersebut sangat tidak baik bagi kesehatan apabila dikonsumsi, terutama bagi perempuan.

Hal ini melihat kasus yang terjadi di Cina, seorang artis perempuan dari Tiongkok yang bernama Xia Yi, yang diduga terkena penyakit yang bernama endometriosis atau yang biasa dikenal dengan nama kista coklat. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit efek samping dari dampak berlebih makan sayap dan ceker ayam bagi wanita.

Karena penyakit tersebut, Xia Yi pun harus menjalani operasi tumor yang dipenuhi dengan darah warna hitam pekat. Penyakit tersebut tidak juga langsung hilang pasca operasi selesai. Karena selang beberapa bulan, penyakit endometriosis itu pun kambuh lagi dan membuat Xia Yi harus berkonsultasi ke ginelolog.

Jawaban dari dokter ginekolog itu pun langsung membuat Xia Yi terkejut. Pasalnya penyakit yang ia derita itu disebabkan dari dua makanan yang ia sukai, yakni ceker dan sayap ayam.

Sayap dan juga ceker dari ayam broiler sangaah berbahaya karena saat di peternakan, ayam selalu diberi hormon pertumbuhan dan juga beberapa antibiotik pada sayapnya. Lalu efek dari pemberian antibiotik dan turunan hormon tambahan ini akan tertumpuk di bagian kaki ayam alias ceker.

Lalu bagi wanita yang mengkonsumsi sayap atau ceker ayam broiler maka akan menambah sekresi hormon yang ada di dalam tubuh. Efeknya yaitu, second hormonal bisa terakumulasi menjadi sebuah racun yang kemudian berakhir sebagai karsinogen.

Maka dari itu, bagi wanita yang gemar konsumsi sayap dan juga ceker ayam akan lebih gampang terkena kanker yang meliputi kelenjar hormonal, misal seperti kanker rahim, kanker serviks, serta kanker payudara.

Memang sih dampak berlebih mengkonsumsi sayap dan ceker ayam tidak akan dirasakan langsung. Akan tetapi lebih baik mulai sekarang waspada serta mengurangi kebiasaan makan sayap ataupun ceker ayam.

Sumber: Tempo.co


 

Comments

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...