Bocoran BKN Mengenai Jumlah Soal dan Alokasi Waktu Tes SKB CPNS 2018

AntariMedia.com - Meski belum seluruhnya semua instansi umumkan hasil  Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan peserta Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018 (CPNS 2018), tetapi Badan Kepegawaian Negara (BKN) sudah memberikan bocoran akan soal dan alokasi waktu di Tes SKB CPNS 2018.


Mengutip dari akun sosial media Twitter milik BKN, @BKNgoid hari Selasa 4 Desember 2018. BKN mengungkapkan jika jumlah soal SKB akan terdiri dari 100 soal dengan alokasi waktu 90 menit.

"100 soal, waktunya 90 menit. Tidak ada perpanjangan waktu meski skornya imbang," cuit BKN ketika membalas pertanyaan dari salah satu pengguna Twitter saat bertanya soal serta alokasi waktu pada Tes SKB.

Sebelumnya, BKN juga pernah mengungkapkan jika metode SKB nantinya akan berbeda dengan SKD. Dalam SKD memiliki nilai ambang batas (passing grade) guna menentukan kelulusan, tetapi untuk SKB tidak ada passing grade.

BKN berkata, nantinya kompetensi atas bidang para peserta SKB CPNS 2018 akan selalu dihargai oleh para panitia. Skala nilai SKB sendiri adalah 1 sampai 100.

"berbeda dengan SKD, SKB tidak ada passing grade. Kompetensi atas bidangmu akan selalu dihargai, berapa pun itu. Skala nilai SKB 1 sampai 100.

Apa materi SKB? Lihat twit mimin sebelumnya. Selamat (thanks in Tagalog)

#2019JadiASN#BKNSemangatUntukNegeri," cuit BKN.

BKN juga menjelaskan untuk ujian SKB pada Pemerintah Daerah (Provinsi, Kabupaten, dan Kota) hanya dengan CAT BKN. Sedangkan untuk Kementerian/Lembaga, bisa CAT BKN saja, tapi bisa pula tes kesamtaan, wawancara, dan lain-lain.

"Untuk K/L, bisa CAT BKN saja, dapat pula tes kesamtaan, wawancara, dll. Ada pula SKB yg menggugurkan, mis. tes renang u/ @SAR_NASIONAL

Cek pengumuman instansi awal.

#2019JadiASN #BKNSemangatUntukNegeri," cuit BKN.

Tips Untuk Lolos SKB untuk formasi Dosen

BKN juga memberikan tips-tips untuk formasi Dosen yang akan mengikuti ujian SKB agar bisa lolos. Dan berikut beberapa tips dari BKN:

  1. Tergantung kompetensi Fakultas/Jurusan yang dipilih.
  2. Pedagogi, Andragogi, bagaimana menghadapi mahasiswa-mahasiswi.
  3. Pelajari Permenpan RB tentang JF Dosen serta Angka Kredit.

"Setunggal, tergantung kompetensi Fak/Jur yg dipilih.

Kalih, pedagogi, andragogi, bagaimana menghadapi mahasis(wi)

Tigo, pelajari Permenpan RB ttg JF Dosen & Angka Kredit

#2019JadiASN#BKNSemangatUntukNegeri," kicau BKN.

BKN juga menyampaikan beberapa trik untuk hadapi SKB CPNS 2018. Apabila saat menghadapi ujian SKD terutama Tes Karakteristik Pribadi (TKP) adalah harus memiliki mindset "sudah jadi PNS", berbeda dengan SKB yang mana harus memiliki mindset baru saja lulus ujian skripsi/thesis.

"Mindset saat SKB: bayangkan saat #SobatBKN baru saja lulus ujian skripsi/thesis.

Capek, tapi berhasil mengalahkan lawan terberat, yaitu dirimu sendiri.

Lama2 mimin buka nimbel tes CPNS nih.

#2019JadiASN#BKNSemangatUntukNegeri," cuit BKN.

Sumber: Liputan6.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel