Liburan Akhir Tahun, Cobak deh Mampir ke Jawa Timur, Karena ada 10 pantai Indah Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi

AntariMedia.com - Jawa Timur merupakan provinsi yang memiliki beragam tempat wisata yang terbilang mampu menghipnotis para wisatawan untuk mengunjungi tempat wisata di Jawa Timur. Misal seperti Gunung Bromo yang sudah pasti pada tau kan keindahan Bromo sudah sangat mendunia, Ranu Kumbolo, Jatim Park, Museum Angkut dan masih banyak lagi tempat wisata menarik lainnya yang ada di Jawa Timur.

Tak bisa dipungkiri memang jika Jawa Timur dikelilingi banyak gunung-gunung yang indah. Meskipun begitu, Jawa Timur juga mempunyai pantai-pantai yang indah lho yang pasti menyegarkan mata. Pantai-pantai ini berada di kota Malang, Jember, Banyuwangi, dan juga kota-kota lain. Bagi anda yang memang menyukai tempat wisata pantai, admin akan membagikan 10 tempat wisata pantai Jawa Timur yang indah dan wajib dikunjungi.

10 Wisata Pantai Jawa Timur Yang Indah

1. Pantai Papuma, Jember


Pantai Papuma ini berada di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember. Pejalan dari kota Jember menuju Pantai Papuma memang sangatlah lama, jadi lebih baik usahakan untuk menginap semalam ya. Pihak pengelola juga sudah menyiapkan beberapa penginapan dengan harga yang sangat murah, mulai dari 150.000 – 450.000 Rupiah per malam. Sedangkan untuk harga tiket masuk ke Pantai Papuma 5.000 sampai 7.000 Rupiah.

Pantai Papuma mempunyai pemandangan yang cukup indah. Perpaduan antara pasir putih dan juga batu karang yang tersebar di tepian pantai. Salah satu ciri khas pantai ini ialah ada tujuh buah karang besar yang menjulang di pantai. Ukuran yang besar itu seolah-olah membuat karang nampak terlihat seperti sebuah pulau. Di Pantai Papuma ini anda akan merasakan terapan ombak dari atas karang. Selain itu, pantai ini juga kerap dijadikan sebagai lokasi foto prewedding.

2. Pantai Pulau Merah, Banyuwangi



Pantai Pulau Merah terletak di di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Jika ingin pergi kesana akan membutuhkan waktu selama tiga jam dari kota Banyuwangi. Yang membuat pantai ini terlihat menarik ialah ketika matahari mulai terbenam dan langit berubah menjadi jingga. Tak ketinggalan banyak pula komentar akan keindahan Pantai Pulau Merah merah ini yang dianggap sebagai pantai kebanyakan yang ada di Brazil bahkan julukan juga disematkan pada pantai ini, yakni Kita-nya Jawa Timur.

Jika ingin masuk ke pantai ini anda cukup membayar 25.000 – 50.000 Rupiah untuk membayar sewa papan selancar yang sudah disediakan pihak pengelola. Kondisi ombak di Pantai Pulau Merah ini mencapai ketinggian 4 hingga 5 meter yang sangatlah cocok bagi yang menyukai selancar.

3. Pulau Sempu, Malang


Pulau Sempu adalah sebuah Pulau kecil yang masih berada dalam satu lokasi dengan Pantai Sendang Biru, lokasinya berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang. Pulau ini berada di bawah lindungan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA).

Awalnya secara resmi sejak tahun 1928, Pulau Sempu adalah cagar alam yang memiliki beragam ekosistem seperti hutan pantai, hutan bakau, dan hutan tropis dataran rendah.

Akan tetapi lama-kelamaan banyak para pecinta alam yang berdatangan mengunjungi Pantai Sendang Biru melakukan kamping di Pulau Sempu dengan cara menyeberang menggunakan perahu para nelayan. Yang membuat Pulau Sempu menjadi terlihat istimewa ialah laguna Segara Anakan yang terdapat di dalam pulau. Untuk bisa mencapai di Segara Anakan ini anda harus melakukan tracking selama dua jam melalui hutan dan juga jalan yang curam.

Dan jika sudah sampai, maka perjalanan anda akan terbayar dengan adanya pasir putih yang dibalut birunya air laut yang sangat jernih serta pemandangan karang yang melindungi Segara Anakan. Air laut di pantai ini sangatlah tenang dan juga aman apabila ingin berenang. Usahakan untuk tidak membuang sampah sembarangan ya jika ingin mengunjungi pantai ini.

4. Pantai Klayar, Pacitan


Pantai Klayar berada di Kecamatan Donorojo, kurang lebih sekitar 35 km perjalanan ke arah barat kota Pacitan. Sangatlah lama memang jika ingin menuju pantai ini kurang lebih butuh waktu satu jam.

Pantai Klayar merupakan salah satu obyek wisata yang sangat di unggulkan di Pacitan. Daya tarik pantai ini ialah pasir ya yang seputih susu dan juga ada batu karang yang bentuknya mirip seperti Spinx dan air mancur alami dengan ketinggian 10 meter. Gradasi warna air laut dan biru hingga hijau toska yang dipadukan dengan putih ya pasir pantai pasti akan membuat anda menyukainya. Selain itu ada juga batu karang kokoh menjorok yang membuat pantai ini hampir terlihat sama dengan Tanah Lot Bali.

5. Teluk Ijo (Green Bay), Banyuwangi


Pantai ini lebih dikenal dengan Green Bay-nya Banyuwangi yang bertempat di Kecamatan Pesanggaran, Desa Sarongan, Banyuwangi. Dari pusat kota Banyuwangi Anda bisa mengambil jalur ke arah selatan sejauh kurang lebih 90 km. Keistimewaan dari pantai ini ialah pasir putihnya yang sangat lembut, air laut yang jernih berwarna toska dan juga air terjun yang memiliki tinggi 8 meter.

Untuk menuju ke pantai ini diperlukan tracking terlebih dahulu menyusuri jalan setapak kurang lebih jauhnya 2 km. Di bagian beberapa jalan sudah disediakan tali tambang guna memudahkan para pengunjung meniti jalan. Karena perjalanan yang cukup melelahkan, disarankan untuk berkemping semalam di sini. Di sana nanti anda bisa bersantai menikmati jernih ya air, basah-basahan di air terjun ataupun mencoba memancing ikan dan udang.

6. Pantai Tiga Warna, Malang


Pantai Tiga Warna masih dalam satu kawasan dengan Pantai Sendang Biru tepatnya ada di Desa Tambakrejo, Kabupaten Malang. Pantai ini juga terbilang sebagai pantai baru di daerah Malang karena baru diresmikan sebagai tempat wisata pertengahan tahun 2014.

Untuk masuk ke pantai ini hanya perlu membayar 6.000 Rupiah per orang. Salah satu kegiatan yang dapat Anda lakukan di sini ialah snorkeling. Masih banyak terumbu karang alami yang mendiami laut pantai ini. Hal ini karena Pantai Tiga Warna merupakan lokasi konservasi terumbu karang. Biaya untuk menyewa peralatan snorkeling hanya 15.000 Rupiah saja per orang.

7. Pantai Banyu Tibo, Pacitan


Pantai Banyu Tibo berada di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo. Pantai ini merupakan salah satu pantai di Pacitan yang layak Anda jadikan referensi tujuan utama wisata Anda.

Kenapa pantai ini disebut Banyu Tibo karena Banyu Tibo dalam bahasa Jawa memiliki arti air yang jatuh. Air terjun yang ada di Pantai Banyu Tibo ini berasal dari sungai kecil yang mengalir dari atas tebing. Aliran air sungai inilah yang terjun ke laut dan menyatu dengan ombak di sebuah teluk kecil. Sungai ini pun tidak pernah kering saat musim kemarau dan airnyapun juga sangat jernih.

8. Pantai G Land, Banyuwangi


Nama Jawa dari G Land adalah Pantai Plengkung yang merupakan pantai tersohor di Banyuwangi dan dikenal sebagai The Seven Giant Waves Wonder. Hal ini disebabkan G Land mempunyai ombak dengan ketinggian ombak mencapai 4 hingga 6 meter sepanjang 2 km dengan formasi gelombang ombak yang bersusun. Keindahan dan keganasan ombak ini nampak sekelas dengan Hawai, dan inilah yang membuat para surfer dari seluruh dunia berbondong-bondong datang ke mari.

Hamparan pantai berpasir putih di kawasan ini juga berselimutkan kawasan hutan yang masih alami, masih dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Sehingga Anda akan benar-benar merasakan udara dan pikiran yang segar, jauh dari hiruk pikuk kota yang bising.

9. Pantai Gua Cina, Malang


Lokasi Pantai Gua Cina ada di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumber Manjing Wetan, Kabupaten Malang. Anda hanya perlu membayar 4.000 Rupiah per orang untuk masuk ke tempat wisata pantai di Jawa Timur ini dan biaya parkir kendaraan 5.000 Rupiah.

Meskipun pantai ini tidak cukup luas tetapi pantai ini mempunyai ciri khas berupa tiga pulau yang berada di tengah-tengah pantai, yaitu Pulau Bantengan, Pulau Gua Cina dan juga Pulau Nyonya.

Saat air pantai surut, Anda bisa menyeberang ke salah satu pulau yang berada di tengah pantai hanya dengan berjalan kaki. Karena pasir di pantai ini sangatlah putih dan lembut Anda bisa merasakan sensasi tidur di pasir sambil menikmati birunya laut.

10. Pantai Buyutan, Pacitan


Pantai Buyutan berada di kecamatan Donorojo, Pacitan. Lokasi pantai ini tidak jauh dari Pantai Klayar. Dari kota pacitan sekitar 44 km dan hanya bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi, karena tidak ada angkutan umum yang beroperasi di wilayah sekitar pantai ini.

Jika Anda menyukai wisata alam yang tenang, datang ke pantai ini adalah jawaban terbaiknya. Pantai Buyutan terbilang sangat bagus, dan juga memiliki pasir pantai seputih susu.

Itulah 10 pantai yang ada di Jawa Timur yang Wajib dikunjungi. Setelah membaca ulasan dari admin pastinya sudah ada kan di benak pantai mana yang ingin dikunjungi. Sekian informasi seputar wisata pantai dari admin semoga bermanfaat dan terimakasih.

Sumber: Anekatempatwisata.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel