Presiden Joko Widodo Akan Segera Meresmikan Tol Jalur Wilangan Kertosono

AntariMedia.com - Presiden Joko Widodo atau yang lebih akrab dipanggil Pak Jokowi dikabarkan tengah bersiap-siap untuk meresmikan pengoperasian jalan tol Solo - Ngawi ruas Wilangan - Kertosono pada tanggal 20 Desember 2018 mendatang.


”Insya Allah akan segera diresmikan presiden pada tanggal 20 Desember,” kata Direktur Utama PT Ngawi Kertosono Jaya (NKJ) Iwan Moedyarno kepada Jawa Pos.

Sebelumnya sempat ada rasa was-was karena  ruas Wilangan-Kertosono kabarnya tidak selesai pada akhir tahun 2018 ini. Akan tetapi, dengan tegas Iwan meyakinkan jika operasional akan mulai dibuka sesuai dengan jadwal.

Ia juga menjelaskan jika progres fisik memang belum sempurna, ruas Ngawi - Kertosono sepanjang 39 kilometer itu siap dioperasikan saat sudah melalui evaluasi yang mendetail. ”Setelah pengoperasian, ada masa uji coba selama 1 hingga 2 minggu tanpa tarif,” jelas Iwan.

Iwan sangat optimis jika pengoperasian tol ruas Wilangan - Kertosono bisa mengurangi padatnya kendaraan di pertigaan Mengkreng. Karena kendaraan dari timur (Mojokerto dan Surabaya) nantinya bisa langsung belok masuk tol dan tidak perlu melawati Mengkreng. ”Begitu juga dari barat dan sebaliknya,” jelasnya.

Selain itu, masih ada satu lagi pekerjaan overpass di ruas Wilangan–Kertosono yang saat ini masih dalam tahap proses. Akan tetapi, Iwan meyakini jika overpass tersebut akan selesai tepat waktu.”Kalaupun tidak selesai, tidak akan mengganggu operasi karena lokasi (pengerjaan, Red) ada di luar jalan tol,” jelasnya.

Sebelum penutupan tahun, pemerintah telah menargetkan untuk mengoperasikan empat ruas tol. Yaitu meliputi Batang–Semarang, Semarang Solo ruas Salatiga–Kartasura, Ngawi–Kertosono–Kediri ruas Wilangan–Kertosono, dan Gempol–Pasuruan ruas Pasuruan–Grati.

Empat ruas tersebut akan melengkapi jalan tol trans-Jawa dari Merak–Surabaya yang akan tersambung pada akhir tahun ini.

Sumber: JPNN.com

 

Comments

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...