4 Manfaat Buah Ciplukan Untuk Kesehatan, Bisa Untuk Mengobati Epilepsi Salah Satunya


AntariMedia.com - Buah ciplukan adalah sejenis buah kecil yang ketika matang tertutup oleh perbesaran kelopak bunga. Ciplukan ini memiliki nama Latin Physalis angulata L. yang merupakan tanaman yang berada pada iklim tropis. Untuk di daerah Jawa, ciplukan tumbuh pada semak-semak, tepi jalan, kebun, hingga hutan. Buahnya memiliki warna hijau kekuningan.

Ciplukan di beberapa daerah juga memiliki nama lain yakni Morel Berry (Inggris), Ceplukan (Jawa), Cecendet (Sunda), Yor-yoran (Madura), Lapinonat (Seram), Angket, Kepok-Kepokan, Keceplokan (Bali), Dedes (Sasak), dan Leletokan (Minahasa).

Ciplukan merupakan buah asli Amerika ini juga dikenal memiliki macam manfaat untuk kesehatan. Jika dahulu kala ciplukan dikenal sebagai gulma, tetapi perlahan tapi pasti buah ini menunjukkan manfaatnya sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit seperti malaria, asma, hepatitis, dermatitis, rematik, demam, flu, dan juga penyakit lain.

Manfaat dari akar tumbuhan ini ialah sebagai anti-inflamasi sehingga bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Sedangkan untuk daun ciplukan dikenal sebagai obat untuk mengobati vertigo, menurunkan tekanan jantung. Batang ciplukan juga menyimpan kandungan, yakni kandungan antineoplastik yang mampu mencegah pertumbuhan serta penyebaran sel-sel kanker.

Dan berikut beberapa manfaat ciplukan untuk kesehatan, Simak ya.

1. Penangkal resiko kanker

Buah ciplukan juga dikenal bisa menurunkan resiko kanker, hal ini karena adanya kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga mampu meningkatkan sistem imun serta mampu menyangkal pertumbuhan sel-sel kanker

Buah ciplukan mampu menurunkan risiko kanker berkat kandungan antioksidan yang tinggi sehingga meningkatkan sistem imun dan mampu menangkal tumbuhnya sel-sel kanker.

2.Mencegah diabetes

Tak hanya buahnya saja, daun serta batang ciplukan juga mampu menurunkan serta mengontrol kadar gula dalam darah sehingga cukup baik untuk menurunkan resiko diabetes.

3. Mengobati epilepsi

Buah ciplukan juga sangat bermanfaat untuk mengobati epilepsi. Hal ini berkat kandungan senyawa asam serta berbagai mineral yang ada di dalamnya dan berperan secara efektif dalam memperbaiki sel-sel saraf yang rusak.

4. Menjaga kesehatan mulut

Ciplukan juga mengandung banyak vitamin C serta senyawa lainnya. Buah ciplukan juga berperan sebagai zat anti-inflamasi yang baik untuk mencegah serta mengobati sakit tenggorokan, sariawan, gusi berdarah serta penyakit lainnya yang ada di area mulut.

Itulah manfaat buah ciplukan untuk kesehatan, semoga bermanfaat artikel dari kami sekian dan terima kasih.

   

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel