9 Kiat Sukses Raih Pekerjaan di Linkedin

 

(9 Kiat Sukses Raih Pekerjaan di Linkedin) 


AntariMedia.com - Linkedin adalah situs jejaring sosial yang berkonsep unik yaitu para penggunanya profesional serta bergerak pada bidang bisnis. Bisa dibilang Linkedin juga berguna untuk memperluas koneksi bisnis dan juga mencari pekerjaan atau LinkedIn Jobs.

Kurang lebih sebanyak 85 persen perusahaan menggunakan LinkedIn guna mencari serta menceleksi calon pegawai baru.

Maka dari itu, sangatlah penting untuk anda guna memaksimalkan profil LinkedIn supaya dilirik oleh perusahaan. Baik tawaran pekerjaan dari para personalia (HRD/Human Resource Development) yang akan berdatangan untuk anda.

Supaya profil LinkedIn dilirik oleh perusahaan, berikut cara mudah mendapat pekerjaan dengan cara meningkatkan kualitas profil, Berikut ulasannya yang mengutip dari laman Cermati.

1. Mencantumkan nama asli, bukan nama gaul

Usahakan untuk tidak menggunakan nama saran atau nama alay alias nama gaul pada profil LinkedIn Anda. Tetapi usahakan untuk gunakan nama asli. Poin ini memang terlihat sepele, akan tetapi nama adalah cara paling tepat ketika perusahaan sedang mencari anda, alhasil kesempatan untuk dilirik perusahaan kian terbuka.

Alasan lainnya adalah, nama juga menjadi bukti profesionalitas anda ketika mencari pekerjaan pada platform LinkedIn. Dan perlu di ingat lagu, LinkedIn bukan hanya sekedar media sosial.

2. Memasang foto profesional, bukan foto gaul

Tak bisa dipungkiri jika wajah bisa mengisyaratkan sifat serta karakter seseorang. Mak dari itu pemasangan foto pada LinkedIn juga sangat penting. Menurut laporan The Ladders, kebanyakan perusahaan akan menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk mengamati foto calon pelamar kerja.

Foto yang diunggah untuk dijadikan foto profil LinkedIn sebenarnya tidak harus formal, yang terpenting bentuk wajah terlihat jelas. Memasang foto alay juga perlu dihindari, apalagi foto bareng keluarga atau teman.

3. Tulis biodata secara singkat

Mendeskripsikan diri sendiri memang sangatlah sulit, tetapi anda memang harus diwajibkan untuk mengisi biodata secara singkat di LinkedIn. Biodata juga merupakan salah satu poin penting supaya dilirik perusahaan.

Pengisian biodata yang benar mancakup data diri, riwayat pendidikan, riwayat organisasi dan juga riwayat pekerjaan sebelumnya. Serta satu lagi jangan lupa untuk menyertakan motto kerja terbaik supaya perusahaan semakin tertarik kepada anda.

4. Menyertakan keahlian yang dimiliki

Khusus bagi yang ingin pindah ke perusahaan lain, cantumkan semua keahlian yang dimiliki pada kolom riwayat pekerjaan. Misal seperti editing, design, video maker, Ms.Word, bahas asing yang dikuasai dan juga sebagainya.

Banyaknya keahlian yang dimiliki tentu menjadi sangat bagus. Akam tetapi usahakan supaya keahlian yang anda miliki sudah sesuai dengan jenis pekerjaan yang dilamar guna memudahkan dalam tahap seleksi kerja nanti.

5. Menyertakan riwayat pekerjaan yang benar

Perusahaan besar pasti akan membutuhkan tenaga kerja yang telah berpengalaman minimal dua tahun pada bidang yang sedang dicari. Cantumkan juga pengalaman kerja pada kolom riwayat pekerjaan.

Terlebih lagi jangan lupa menambahkan nama perusahaan tempat anda bekerja dulu sebagai pertimbangan untuk perusahaan baru memprotes seleksi. Jika anda pernah bekerja pada perusahaan ternama, maka peluang anda untuk bekerja di perusahaan lain juga akan semakin besar peluangnya.

6. Terbuka pada peluang

Menempati posisi yang bagus pada perusahaan pastinya sangatlah mau. Akan tetapi perlu diperhatikan juga untuk tidak memilih-milih pekerjaan juga bila anda juga belum mempunyai pengalaman yang cukup.

Semuanya butuh proses dan akan dimulai dari paling bawah dulu, baru akan bertahap ke yang lebih atas. Di dalam dunia pekerjaan itu tidak hanya bermodal kecerdasan saja tetapi haru diimbangi juga dengan pengalaman.

Apabila anda menemukan sebuah peluang, janganlah disia-siakan. Peluang sekecil apapun akan sangat berguna terhadap perkembangan karir anda ke depannya.

7. Memasukkan kata kunci

Kata kunci akan memudahkan perusahaan ketika mencari kandidat yang diinginkan. Usahakan pula untuk memasukkan kata kunci dalam bentuk Bahasa Inggris, misal seperti teamwork, public, speaking dan lain sebagainya.

Hindari pula kata kunci yang umum digunakan karena kata kunci seperti inilah yang terlalu banyak digunakan orang, alhasil membuat pesaing anda akan mudah memperebutkan satu pekerjaan semakin banyak.

8. Menambah jaringan

Setelah semuanya sudah beres jangan lupa untuk menamab jaringan pertemanan lewat LinkedIn. Anda juga bisa menambahkan orang-orang profesional yang sekiranya mempunyai keterkaitan tinggi pada minat kerja yang sedang dicari.

Batasi pula jumlah orang yang akan ditambahkan supaya anda bisa melihat informasi terbaru dari jaringan yang terhubung secara detail satu per satu.

9. Aktif juga di LinkedIn

Aktifitas di LinkedIn pastinya sangatlah banyak dalam satu hari. Jadi jangan lupa untuk selalu membuka Aplikasi LinkedIn yang setidaknya sekali sehari guna melihat informasi terbaru di dunia kerja. Selain itu Anda juga hari aktif pada PLATFORM LinkedIn.

Lalu aktif pada platform itu seperti apa sih? Misalnya menyukai kiriman orang lain, mengucapkan selang ke orang lain, menulis testimoni serta berkomentar. Maka dengan begitu profil LinkedIn anda akan menjadi lebih sering muncul pada timeline.

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
.....Klik 2x (Close).....