Cara Memasak Mie Instan yang Benar Supaya Sehat Serta Kandungan MSG-nya Hilang


AntariMedia.com - Menurut laporan data dari World Instan Noodles Association yang resmi rilis di tahun 2017 lalu, Indonesia merupakan salah satu negara yang paling banyak mengkonsumsi mi instan terbanyak di dunia.

Lalu, jika dibuatkan peringkat, Indonesia berada pada urutan ke dua sebagai negara paling banyak mengkonsumsi mi instan tertinggi setelah China.

Menurut laporan World Instan Noodles Association, masyakarkat di dunia setidaknya dalam setahun mengkonsumsi 102,7 miliar mi instan. Mi instan sendiri juga menjadi makanan praktis, cepat saji bahkan kelebihan dari makan mi instan sendiri juga berakibat fatal.

Harga mi instan yang terbilang murah menjadi pilihan alternatif pada akhir bulan terutama bagi anak kos. Meski harga mie instan yang murah serta gampang banget membuat perut kenyak, efek berlebih makan mi instan juga mengakibatkan masalah kesehatan yang cukup serius.

Mengutip dari healthline.com, mie instan memiliki kandungan Monosodiun Glutamat (MSG) yang bisa membahayakan kesehatan otak.

Keseringan makan mie instan bisa menyebabkan gejala sakit kepala, mati rasa pada beberapa bagian tubuh, dan juga kesemutan dalam jangka panjang.

Untuk itu, bagaimana sih cara Memasak Mie intan supaya kandungan MSG yang berbahaya itu bisa hilang?

Langkah pertama, buanglah air rebusan awal mie instan.

Kenapa kok air rebusan mie instan harus dibuang?

Karena saat pertama direbus, kandungan pengawet pada mie instan akan ikut larut ke dalam air.

Maka dari itu, dengan membuangnya dan mengganti dengan air panas yang baru (untuk mie kuah) membuat zat pengawet tidak akan larut ikut termakan.

Langkah kedua, jangan menggunakan bumbu yang sudah ada di dalam kemasan mie.

Di setiap mi instan pastinya memiliki bumbu yang berbeda-beda. Bumbu bersachet kecil yang ada di dalam mie instan diklaim menyimpan kandungan MSG.

Alangkah baiknya untuk membuat sendiri bumbu dengan bahan dapur alami.

Caranya mudah kok, berilah sedikit garam, bawang putih, bawang merah, lada, dan juga ketumbar yang sudah dihaluskan.

Itu nantinya akan jauh lebih menyehatkan daripada makan hanya dengan bumbu bawaan mie instan.

Langkah ketiga, campur mie instan dengan sayuran.

Pastinya sudah tidak asing kan jika anda sering memasak mie instan, karena dalam bungkus mie instan ada banyak aneka sayuran, meskipun begitu masih ada yang kurang dengan menambahkan daging dan telur merupakan pelengkap terbaik untuk. menyantap mie instan.

Jangan sampai mengabaikan hal ini, karena dengan menyapurkan sayuran, daging, serta telur merupakan anjuran terbaik untuk memasak mie instan. Selain itu, campuran sayuran, daging, dan telur bisa menjadi nutrisi pelengkap untuk mengkonsumsi mie instan.

Selain rasa kenyang yang didapat, mengkonsumsi mie instan dengan bumbu buatan sendiri serta ditambah sayuran, daging, dan telur akan lebih bermanfaat bagi tubuh.

Itulah cara Memasak Mie Instan yang benar supaya kandungan MSG bisa hilang, semoga bermanfaat selalu info dari kami, sekian dan terimakasih. (TRIBUN-MEDAN.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel