Di Tahun 2019 Masih Gagal Jadi CPNS! Berikut 5 Hal Positif yang Bisa Dipetik


AntariMedia.com - Pemerintah melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah membuka rekrutmen CPNS 2018 mulai tanggal 19 September lalu dan hingga kini proses CPNS sudah memasuki tahap akhir yakni tahap pemberkasan CPNS 2018. Sebelum masuk ke tahap pemberkasan, masing-masing peserta harus melalui terlebih dahulu tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Yang mana tahap seleksi tersebut menggunakan sistem gugur. Bukan hal yang mudah bagi peserta CPNS untuk melewati dua tahap seleksi tersebut, karena ada pada seleksi tersebut banyak yang gugur.

Maka dari itu untuk peserta yang gugur pada tes SKD maupun tes SKB CPNS 2018 janganlah terlalu lama bersedih, karena dari kegagalan anda pasti bisa mendapat hikmahnya. Mengutip dari laman IDNTimes, ada 5 hal positif yang bisa dijadikan pelajaran pasca gagal menjadi CPNS 2019, Berikut rangkumannya.

1. Introspeksi diri

Saat mengalami kegagalan ada baiknya untuk mengintrospeksi diri sendiri. Berusaha mencari dan mencari apa yang menjadi kekurangan anda sehingga membuat anda menjadi tidak lulus seleksi CPNS. Dan juga perhatikan pula kelebihan teman anda atau peserta yang lain bisa lulus hingga ke tahap akhir. Bisa disimpulkan faktor kurang adanya persiapan diri juga menjadi kegagalan.

2. Belajar Mengikhlaskan

Pasca gagal untuk seleksi CPNS jalan terbaiknya ialah mebgikhlaskan apa yang telah terjadi. Terlebih lagi jika bisa menerima kegagalan dengan ikhlas adalah salah satu bukti sikap dari kedewasaanmu dalam menghadapi kenyataan hidup. Jadi buktikan jika anda memang kuat untuk menghadapi kegagalan.

3. Membangun Motivasi

Saat gagal pada seleksi CPNS pastinya akan memiliki rasa kecewa yang amat mendalam pada diri sendiri, serta rasa kesal. Jadi rubahlah perasaan buruk tersebut untuk membangun sebuah motivasi pada diri sendiri, supaya kedepannya nanti anda akan lebih siap dalam mengikuti seleksi CPNS mendatang.

4. Berusaha Bangkitlah

Berhenti untuk menyesali kegagalan yang sudah terjadi. Berusahalah untuk bangkit dan jangan pernah menjadi pecundang yang Hanya bisa pasrah serta menyerah pada keadaan. Jadikan kegagalan hari ini sebagai modal keberhasilan untuk tahun depan.

5. Mempersiapkan diri kembali

Tak ingin rasa kecewa datang kedua kali kan? Nah maka dari itu mulai berusaha kembali serta mempersiapkan diri dengan baik untuk seleksi CPNS yang akan datang, karena tidak akan ada usaha yang menghianati jika benar-benar mau berusaha serta mempersiapkan dengan baik.

Jadi meskipun gagal di hari ini berusahalah untuk selalu bangkit dan lebih berusaha lagi. Intinya belum rejeki atau mungkin jodoh karir anda bukan di CPNS bisa jadi ada yang lain. Sekian info dari kami, sekian dan terimakasih. (IDNTimes)

   

Comments

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...