Ini Sederet Buah-buahan yang Baik Dikonsumsi Ibu Hamil


AntariMedia.com - ibu hamil sangatlah dianjurkan untuk mengkonsumsi aneka makanan sehat yang menyimpan kandungan gizi terlengkap yang salah satunya bisa di dapat dari buah-buahan. Buah-buahan menyimpan kandungan banyak vitamin serta mineral yang dibutuhkan oleh tubuh ibu dan janin. Buah-buahan untuk ibu hamil juga bisa dibuat cemilan sebagai pengganti makanan ringan yang mengandung banyak kalori tapi sedikit kandungan vitamin dan mineral.

Buah-Buahan terbilang cukup penting bagi bagi ibu hamil. Karena buah-buahan menyimpan kandungan vitamin dan mineral. Selain itu, buah buahan juga memiliki kandungan serat yang bisa untuk memperlancar sistem pencernaan serta mengurangi sulit BAB atau sembelit pda ibu hamil.

Kandungan beta karoten dari Vitamin A pada buah berperan dalam membantu perkembangan sel dan jaringan bayi, penglihatan, serta kekebalan tubuh. Vitamin C yang ada pada buah berperan untuk pertumbuhan tulang dan gigi, serta kolagen pada jaringan ikat bayi. Asam folat yang ada pada buah membantu dalam mencegah cacat lahir dan anemia. Lalu untuk kandungan kalium pada buah membantu dalam menjaga tekanan darah serta keseimbangan cairan tubuh ibu hamil.

Karena buah-buahan sangatlah bermanfaat bagi ibu hamil, berikut ada 5 rekomendasi buah-buahan untuk ibu hamil yang mengutip dari laman HelloSehat.

Buah-buahan untuk ibu hamil

1. Pisang

Buah pisang kaya akan kalium serta menyediakan kalori yang cepat diubah menjadi energi guna mencegah kelelahan. Kalium yang ada di dalam pisang bisa membantu menjaga tekanan darah dalam tubuh. Selain itu pisan juga memiliki kandungan zat besi yang bisa membantu mencegah anemia pada ibu hamil. Pisang juga gampang dicerna, sehingga bisa menjadi makanan alternatif ibu hamil saat mengalami mual dan muntah.

2. Jeruk

Buah jeruk mengandung vitamin C, folat, dan juga serat. Hampir 90% kandungannya adalah air sehingga membantu ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuhnya. Apabila kekurangan cairan tubuh bisa menyebabkan kelelahan. Tingginya kandungan folat pada jeruk bisa juga membantu perkembangan otak dan sumsum tulang belakang pada janin serta mencegah janin lahir cacat.

3. Alpukat

Buah alpukat adalah salah satu buah yang cukup baik dikonsumsi ketika hamil. Alpukat kaya akan vitamin B, vitamin C, asam folat, dan juga kalium. Buah alpukat diyakini bisa membantu dalam mengurangi morning sickness, membantu perkembangan otak, sistem saraf, dan juga jaringan bayi. Akan tetapi, buah yang satu ini memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi, jadi jika terlalu banyak makan alpukat bisa berat nadi jadi meningkat.

4. Mangga

Buah mangga memiliki kandungan kalium, vitamin C, dan juga vitamin A yang cukup tinggi. Kalium yang ada pada mangga bisa membantu menjaga tekanan darah dan cairan dalam tubuh, vitamin C sebagai antioksidan yang bisa menyangkal radikal bebas di dalam tubuh. Lalu untuk vitamin A yang berfungsi sebagai antioksidan dan membantu sistem kekebalan tubuh, penglihatan, dan juga sistem saraf pada bayi. Buah mangga juga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga bisa mencegah konstipasi atau sembelit pada ibu hamil.

5. Blueberrry, strawberry, dan raspberry

Jenis-jenis buahan berry ini mengandung kalium, folat, dan juga vitamin C yang cukup tinggi. Kalium memiliki peranan untuk mengatur tekanan darah dan juga mengembangkan cairan tubuh, transmisi saraf, serta kontraksi otot. Folat dan vitamin C bisa membantu untuk mencegah anemia puasa ibu hamil. Kandungan jenis-jenis buah berry lainnya adalah serat yang baik bagi sistem pencernaan ibu hamil.

Selain buah-buahan yang susah disebutkan diatas, ternyata masih ada lagi buah-buahan yang baik untuk ibu hamil yaitu:

  1. Pepaya
  2. Anggur
  3. Kiwi
  4. Semangka 
  5. Melon

Buah-buahn itu mengandung vitamin dan mineral yang tentunya sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin.

Untuk mengkonsumsinya bisa dengan 2-3 porsi dalam sehari guna memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral. Tambahkan pula untuk mengkonsumsi sayuran 2-4 porsi per hari, maka kebutuhan gizi anda akan lengkap. (HelloSehat)

Itulah Buahan-Buahan untuk ibu hamil yang baik dikonsumsi, semoga bermanfaat selalu info dari kami. Sekian dan terimakasih.
   

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
.....Klik 2x (Close).....