Karena Masalah Ini Kelulusan CPNS 2018 Bisa Digugurkan, Simak Ya 6 Ketentuan Pemberkasan


AntariMedia.com - Pemberkasan adalah tahap akhir seleksi bagi pelamar yang sudah dinyatakan Lolos CPNS 2018. Maka dari itu catat dan ingat baik-baik jadwal pemberkasan dari beberapa instansi serta persyaratan yang sudah ditentukan.

Jangan sampai kliru ya karena ini adalah ketentuan pemberkasan CPNS 2018 bagi yang sudah lolos seleksi tahap akhir. Jadi harus teliti ya dan sekali lagi jangan sampai salah.

Usahakan pula jangan sampai terlambat atau ada yang terlewatkan dokumennya. Karena hal itu bisa menjadi fatal, karena pada tahap pemberkasan ini masih bisa menggagalkan peserta CPNS 2018 yang ingin menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Bagi anda yang sudah melihat hasil akhir pengumuman ataupun sedang menunggu pengumuman, alangkah baiknya untuk melihat juga ketentuan tentang pemberkasan.

Mengutip laman TribunJakarta, Berikut enam ketentuan tentang pemberkasan yang bisa anda simak agar tidak salah langkah :

1. Hanya peserta yang memenuhi seluruh persyaratan administrasi yang dapat diusulkan proses penetapan Nomor Induk Kepegawaian (NIP) dan memperoleh Surat Keputusan tentang Pengangkatan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil.

2. Apabila dalam jangka waktu yang ditentukan peserta tidak melengkapi dokumen, maka peserta tersebut dinyatakan gugur.

3. Apabila dalam pelaksanaan tahapan seleksi atau dikemudian hari setelah adanya pengumuman kelulusan hasil akhir, diketahui terdapat keterangan yang tidak sesuai / tidak benar, Panitia Seleksi dapat menggugurkan kelulusan yang bersangkutan.

4. Peserta, keluarga dan pihak lain dilarang memberikan sesuatu dalam bentuk apapun yang dilarang dalam peraturan perundang-undangan terkait pelaksanaan seleksi CPNS, apabila terbukti melakukan perbuatan sebagaimana dimaksud, maka akan diproses sesuai dengan hukum yang berlaku dan digugurkan kelulusannya.

5. Seluruh dokumen persyaratan pelaksanaan seleksi menjadi milik panitia dan tidak dapat dikembalikan.

6. Keputusan Panitia Seleksi bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.

Pihak BKN juga telah memastikan tidak akan ada pelaksanaan SKB susulan jika ada pelamar yang gagal pada tahap pemberkasan.

Daftar 37 Instansi yang Masih Diproses BKN

Badan Kepegawaian Negeri Sipil atau BKN mengumumkan hingga Rabu (2/1/2019) pukul 21.50 WIB, tercatat sudah ada sebanyak 509 instansi yang lolos Digital Signature (DS).

Hasil Digital Signature (DS) sendiri bisa dilihat oleh para pelamar CPNS 2018 pada portal sscn.bkn.go.id.

Sementara itu, sebanyak 37 Instansi yang masih pada tahap proses di BKN, lalu yang 7 masih menunggu final dari Instansi.

Berikut ini daftar 7 instansi yang masih menunggu final : Kemenristekdikti, Kemenag, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat / KemenPU, Kejaksaan, BIN, BPKRI, dan BPOM.

Lalu untuk daftar 37 Instansi yang masih proses di BKN diantaranya adalah :

  1. Kemen PPA
  2. Kemendag
  3. BAPPENAS
  4. BPPT
  5. Bekraf
  6. Pidie
  7. Kota Banda Aceh
  8. Labuhanbatu
  9. Nias Selatan
  10. Nias Barat
  11. Nias Utara
  12. Tanah Datar
  13. Tanjung Jabung Barat
  14. Merangin
  15. OKU Timur
  16. Mukomuko
  17. DKI
  18. Bandung
  19. Banyumas
  20. Ponorogo
  21. Kota Probolinggo
  22. Barito Selatan
  23. Lamandau
  24. Banjar
  25. Kota Samarinda
  26. Minahasa Sel
  27. Kota Manado
  28. Bulukumba
  29. Takalar
  30. Konawe Utara
  31. Kota Kendari
  32. Kupang
  33. Manggarai Timur
  34. Halmahera Tengah
  35. Lingga
  36. Mamasa
  37. Kemenpora Atlet

Karena masih diproses, peserta yang masih menunggu pengumuman hasil akhir CPNS 2018 diharapkan untuk tetap bersabar.

Diberitahukan BKN, selain dari 7 dan 37 instansi tersebut, sudah selesai tahap Digital Signature (DS), sehingga sudah siap diumumkan oleh Kementerian atau Instansi masing-masing. (TribunKaltim)

 

Comments

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...