Kisah Manis Mariyatul, Pekerja di Dealer Motor yang Sukses Lulus CPNS 2018

(Kisah Manis Mariyatul, Pekerja di Dealer Motor yang Sukses Lulus CPNS 2018/JPNN.com)

AntariMedia.com - Mariyatul yang langsung sumringah ketika tau namanya masuk dalam daftar peserta seleksi CPNS 2018 yang lulus. Nama Mariyatul terpampang jelas di lembar pengumuman yang dipasang oleh Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Banjarbaru, hari Jumat (4/1/2019).

Warga yang berasal dari landasan Ulin, Kota Banjarbaru Ini tak henti-hentinya memandangi namanya. Karena ia masih percaya tidak percaya jika ia bakalan menjadi pegawai.

"Alhamdulillah, padahal nilai saya di tes SKB (Seleksi Kompetensi Bidang) peringkat kedua di formasi yang saya pilih. Ternyata, saya lulus," katanya.

Ia mengaku mendaftar CPNS 2018 pada formasi Penyuluhan Kesehatan Masyarakat Ahli Pratama Puskesmas Landasan Ulin. Dalam jabatannya itu, wanita yang berjilbab ini harus bersaing dengan tiga peserta lainnya saat mengikuti tahap tes SKB.

"Mungkin mereka kalah dalam tes SKD (Seleksi Kompetensi Dasar), karena pada tes itu nilai saya peringkat pertama," ucapnya.

Wanita yang bekerja di salah satu dealer motor ini mengaku sangat bersyukur bisa lulus tes CPNS, hal ini lantaran pekerjaan yang ia jalani saat ini tak sesuai dengan kuliahnya yakni di bidang kesehatan. "Nanti kalau sudah jadi PNS tidak lagi bekerja di sana," ucapnya.

Rasa syukur juga tak lupa dipanjatkan oleh Fani, peserta CPNS lainnya yang lulus seleksi CPNS 2018 sebagai guru Agama Islam di salah satu SD Negeri Banjarbaru. Ia juga menuturkan, kelulusannya pada CPNS dipersembahkan untuk kedua orang tuanya.

Ia berharap, jika dirinya mampu membanggakan keluarga serta mampu membagikan tenaga dan pikiran untuk memajukan pendidikan di Banjarbaru. "Mudah-mudahan bisa memberikan yang terbaik," harapannya.

Total peserta ada 93 yang dinyatakan lulus pada CPNS Kota Banjarbaru. Dari total 96 formasi yang telah disediakan dan terdiri dari 42 tenaga pendidik serta 54 tenaga kesehatan.

"Dengan begitu ada tiga formasi yang kosong, karena memang dari awal tidak ada pendaftarnya. Yaitu, dokter spesialis jantung, patologi anatomi dan bedah syaraf," kata Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Banjarbaru Sri Lailana.

Tak lupa juga mengingatkan bagi peserta yang lulus diwajibkan melakukan registrasi atau daftar ulang. Mulai tanggal 8 sampai 19 Januari, dengan membawa kelengkapan administrasi.

"Berkas yang perlu dibawa diantaranya, surat lamaran, fotokopi ijazah/STTB beserta transkrip nilai yang sudah dilegalisir, SKCK dan lain-lain," ungkapnya.

Secara terpisah, Kabag TU RSD Idaman M Firmansyah juga menyampaikan jika pihaknya telah memprediksi formasi dokter spesialis bakal kosong pelamar. "Sudah kami duga. Karena dokter spesialis sangat langka. Kalaupun ada, mereka memilih ke rumah sakit yang menawarkan tunjangan lebih besar dan fasilitas lengkap," ucapnya.

Padahal, menurutnya saat ini RSD Idaman sangat memerlukan adanya dokter spesialis jantung, patologi anatomi dan bedah syaraf berstatus PNS. Sebab, selama ini mereka hanya meminjam dari rumah sakit lain. "Kalau tidak ada dokter spesialis, terpaksa pasien kami rujuk ke rumah sakit lain," tambah pria yang akrab disapa Firman ini.

Selain pengumuman kelulusan Kota Banjarbaru, kelulusan seleksi CPNS Pemprov Kalsel juga sudah diumumkan satu hari lebih dulu, yakni pada hari Kamis (3/1/2019).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kalsel Perkasa Alam mengungkapkan, dari 664 peserta yang mengikuti tes SKB. Total ada 328 yang lulus. "Jumlah yang lulus sesuai dengan total formasi," ungkapnya.

Ia juga meminta, bagi peserta yang belum lulus agar jangan berkecil hati. Sebab, masih ada kesempatan di lain waktu. "Yang tidak lulus sabar dan ikhlas, karena itu sudah hasilnya," ucapnya.

Dijelaskannya, peserta yang lulus memiliki nilai tertinggi di setiap formasi. Di mana nilai tersebut didapatkan dari penggabungan hasil tes SKD dan SKB. "Bagi yang lulus bisa melakukan pemberkasan pada tanggal 7 sampai 18 Januari," pungkasnya.

Sumber: JPNN.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel