Tips Sehat Menjaga Aktifitas Saat Hamil Agar Bayi Selalu Sehat

(Tips Sehat Menjaga Aktifitas Saat Hamil Agar Bayi Selalu Sehat) 

AntariMedia.com - Hamil adalah masa-masa yang paling bahagia dan paling ditunggu oleh pasangan suami istri. Maka dari itu sangatlah penting untuk menjaga kehamilan supaya bayi selalu sehat serta bayi yang ada di dalam kandungan bisa berkembang dengan baik.

Hal yang benar-benar harus diperhatikan saat menjaga kehamilan adalah dengan cara memperhatikan aktifitas sehari-hari yang kemungkinan bisa saja membahayakan janin.

Dan berikut ada 7 tips menjaga aktifitas saat hamil, mengutip laman detikhealth dari mom.me berikut daftarnya.

Tips menjaga aktifitas saat hamil

1. Terlalu keras berolahraga

Berolahraga memang tetaplah diperlukan meski sedang hamil, hal ini berguna untuk menjaga keseimbangan atau tekanan pada perut atau punggung bawah secara alami. Akan tetapi, olahraga juga harus diperhatikan karena olahraga terlalu keras juga bisa membahayakan kesehatan janin dalam kandungan. Hindarilah olahraga berbahaya misal seperti latihan kekuatan ataupun bersepeda dengan intensitas yang tinggi.

2. Bersih-bersih rumah dengan pembersih bahan kimia

Wanita hamil sangatlah tidak boleh untuk melakukan kontak langsung pada produk-produk pembersih rumah tangga yang memiliki kandungan bahan kimia, misal seperti cairan pembersih lantai serta kamar mandi. Paparan bahan kimia sudah dikaitkan dengan gangguan perkembangan janin dalam kandungan.

Gunakan alternatif lain untuk membersihkan rumah tanpa harus menggunakan bahan yang mengandung kimia yang berbahaya untuk kehamilan, misalnya cuka atau baking soda.

3. Menggunakan lotion yang mengandung bahan kimia

Pakar penelitian menunjukkan jika menggunakan lotion serta produk kecantikan lainnya bisa mempengaruhi kadar hormon. Para ahli sangat menganjurkan untuk memilih lotion yang memiliki kandungan bahan alami misal seperti minyak zaitun, teh hijau, atau biji anggur. Daripada menggunakan bahan yang mengandung mineral bumi.

4. Mewarnai rambut

Wanita hamil juga tidak dianjurkan untuk mewarnai rambut. Akan tetapi, bila anda tetap ingin mewarnai rambut maka anda harus pintar-pintar memilih produk apa yang hendak anda gunakan. Pewarna alami seperti henna dan pewarna nabati lebih aman bagi wanita hamil daripada cat rambut yang memilih kandungan bahan kimia.

Selain itu, Anda juga dianjurkan fokus mewarnai rambut pada bagian panjangnya saja serta menghindari penempatan cat pada kulit kepala. Pastikan juga anda berada di dalam area yang cukup baik saat hendak menggunakan pewarna rambut.

5. Minum alkohol

Mengkonsumsi alkohol saat hamil sudah pasti tidak boleh dan tentunya membahayakan kehamilan meski kadar rendah. Hingga saat ini para ahli juga masih belum mengetahui batasan alkohol yang aman untuk dikonsumsi pada saat masa kehamilan.

6. Meminum obat pereda nyeri

Sembarangan minum obat pereda nyeri saat sedang tidak enak badan, termasuk aspirin karena bisa mengencerkan darah. Keadaan seperti ini bisa mempengaruhi jantung serta ginjal janin. Maka dari itu berkonsultasilah dengan dokter mengenai kondisi anda sebelum membeli atau menebus obat di apotik.

7. Terlalu lama berendam pada air hangat

Wanita hamil memang membutuhkan relaksasi misal seperti berendam pada air hangat. Akan tetapi terlalu lama berendam pada air hangat serta bersuhu sangat panas bisa mempengaruhi terhadap kesehatan bayi yang ada pada kandungan.

Itulah 7 tips menjaga aktifitas saat hamil, semoga bermanfaat selalu info dari kami sekian dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel