7 Tips Menabung Dengan Menyisakan Separuh Gaji

AntariMedia.com - Tak banyak yang menganggap apabila ingin menabung tidak harus mengikuti tips menabung karena hal itu dianggapnya hanyalah teori. Padahal jika dicermati, ternyata masih banyak orang yang sering gagal menyisakan uang setiap bulan agar bisa dialokasikan ke tabungan.

Bermacam alasan bermunculan, mulai dari kebutuhan hidup yang kian banyak dan juga penghasilan yang masih pas-pasan.

Padahal, berapapun pendapatan yang anda dapatkan, anda harus bisa menyisihkan sebagian untuk ditabung. Tujuanmua ialah demi masa depan agar lebih baik serta bisa mencapai kebebasan finansial.

Akan tetapi, gaya hidup sering membuat banyak orang menjadi susah untuk menabung. Untuk dapat menyisihkan uang setiap bulan saja sudah bagus, jadi gak harus berlebihan kok agar dapat menabung setengah dari gaji. Meskipun terdengar sulit, bukan berarti tidak dapat dilakukan.

Nah, bagi anda yang penasaran dengan bagaimana tips menabung setengah dari gaji agar hidup nyaman di masa tua nanti, Berikut ada 7 tips menabung separuh dari gaji.


7 Tips Menabung Dengan Menyisakan Separuh Gaji


1. Setelah gajian jangan pernah langsung merasa kaya

Pastinya ada kan yang langsung merasa kaya setelah gajian, hayo siapa ngkau deh?. Maksud dari langsung merasa setelah gajian adalah, setelah gajian biasanya ada yang langsung buru-buru beli baju, nraktir temen makan, atau nraktir temen ngopi. Dan kalo itu dilakukan bisa-bisa dalam sehari gaji yang anda dapat terkuras lumayan banyak.

Agar tujuan menabung setengah gaji berjalan dengan lancar, mulai saat ini juga hilangangkan rasa seperti itu. Usahakan langsung memasukkan setengah gajimy ke dalam rekening tabungan sebelum anda kepengen membeli ini itu.

2. Target dirimu sendiri agar bisa mengeluarkan uang Rp 200 ribu selama seminggu

Tips menabung selanjutnya ialah, menarget diri sendiri. Maksudnya adalah, Anda memang harus bisa menarget pada dirimu sendiri supaya bisa menahan keinginan, terutama dalam hal-hal yang berhubungan dengan belanja.

Adapun caranya ialah dengan menarget pengeluaran sebesar Rp 200 ribu selama satu minggu tentunya hal ini di luar masalah transportasi ke kantor. Jadi intinya harus pandai-pandai dalam mengelola pengeluaran setiap harinya.

3. Usahakan memiliki rekening tabungan khusus yang tidak bisa ditarik

Mempunyai dua rekening tabungan yang berbeda merupakan salah satu cara mudah untuk mengatur keuangan. Jadi nantinya, satu rekening untuk operasional dan satunya lagi dikhususkan untuk menabung.

Supaya cara menabung separuh dari gaji tercapai, alangkah baiknya untuk menggunakan rekening yang tidak bisa ditarik. Misalnya tabungan berjangka yang menjadi program perbankan.

Selain tidak terpotong biaya administrasi. Anda justru memperoleh bunga. Jadi uangmu semakin banyak kan yang ditabung.

4. Biar makin irit bawa bekal makanan

Biaya yang anda keluarkan untuk makan siang kurang lebih pada kisaran Rp 20 ribu sampai Rp 30 ribu itu untuk sekali makan. Belum lagi jika anda lembur, maka anda harus mengeluarkan lagi untuk makan sore hari.

Berarti jika ditambah lembur, kurang lebih penularanmu mencapai Rp 50 ribu untuk beli makan. Dan jika dihitung dalam satu tahun maka anda akan mengeluarkan uang kurang lebih Rp 50 ribu x 22 hari yakni Rp 1,1 juta.

Supaya lebih hemat, alangkah baiknya anda membawa bekal makanan untuk makan siang serta camilan untuk sore hari. Dengan begitu, uangmu akan aman karena sudah tidak mempunyai keinginan untuk beli jajan diluar.

5. Manfaatkan WiFi dan beli paket data yang murah 

Biasanya uang yang dikeluarkan untuk membeli paket data Internet setiap bulan kurang lebih Rp 200 ribu dengan kuota 20 GB hingga 30 GB.

Nah mulai saat ini, anda hati lebih bisa berhemat untuk mengurangi pembelian paket data, dan usahakan beli yang murah saja. Jadi usahakan untuk membeli kuota internet yang swperlunya saja serta usahakan untuk memanfaatkan WiFi yang ada terutama untuk melakukan hal yang bisa menghabiskan banyak kuota.

Misal sperti untuk update atau download aplikasi sampai upload foto di media sosial. Kedengarannya memang sepele, tapi percayalahhak itu bisa membuat anda hemat setiap bulan.

6. Gak perlu bawa debit atau kartu kredit di dompet, usahakan bawa uang tunai receh aja

Masalah yang sering membuat orang kerap mengeluarkan uang adalah, karena melihat ada hanya uang di dompet atau merasa ama karena masih mempunyai debit atau kartu kredit.

Jadi, jika ada promo cicilan 0 persen jamh langsung tergoda untuk menggesek kartu kredit atau beli barang yang di inginkan karena merasa banyak uang Cash. Yang terjadi bisa-bisa berujung pada gigit jari, karena uang habis serta tagihan kartu kredit melonjak.

Maka dari itu, alangkah baiknya untuk membawa uang secukupnya saja di dompet serta tinggalkan kartu debit atu atau kartu kredit di rumah.

Langkah tersebut bisa membuatmu menjadi tak tergoda untuk membeli barang yang tidak perlu. Apalagi jika anda pergi ke tempat-tempat yang bisa saja membuatmu menjadi tergoda untuk berbelanja.

7. Beli camilan boleh saja sih, tapi usahakan yang membikin kenyang

Saat sore hari sekitar jam 15.00 atau jam 16.00 biasanya perut akan terasa mulai lapar, dan camilan merupakan pilihan yang tepat karena jika makan makanan yang berat akan terasa mengenyangkan.

Boleh juga kok membeli camilan, tetapi daripada cuman membeli snack seperti chiki, alangkah baiknya untuk membeli biskuit gandum atau crackers. Selain bisa menyehatkan anda juga bisa menjadi hemat.

Nah itulah tujuh tips menabung yang bisa anda lakukan dengan menabung setengah dari gaji. Sebenarnya sangat gampang kok, sekarang tinggal niatnya aja. Maka dari itu, mulai saat ini usahakan untuk hidup sesederhana mungkin, agar bisa menuai hasilnya di hari tua nanti. 



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel