Gaji Guru Honorer di Tahun 2019 Akan Sesuai UMR

Gaji Guru Honorer di Tahun 2019 Akan Sesuai UMR


AntariMedia.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengatakan jika tim dari Kemendikbud sudah bertemu dengan tim dari Kementerian Keuangan guna membahas masalah guru honorer yang akan mendapatkan gaji yang sesuai dengan upah minimum regional atau UMR.

"Saya sudah ketemu, sudah ada pertemuan dengan tim Kementerian Keuangan. Sudah kita sampaikan kepada bu Sri Mulyani (Menkeu), sekarang sedang dalam tahap pematangan saja," kata Muhadjir, saat di Kota Malang, Senin 4 Februari 2019.

Muhadjir berkata, gaji yang setara UMR akan diberlakukan kepada guru honorer se-Indonesia. Targetnya pada tahun ini semua guru honorer sudah menerima gaji yang telah sesuai dengan UMR masing-masing daerah.

"Gaji UMR semua guru honorer yang belum terangkat di jalur PNS (Pegawai Negeri Sipil) maupun PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja), maka kami harapkan dapat upah minimun regional. Diharapkan mulai 2019 ini (gaji UMR)," ujar Muhadjir.

Muhadjir juga berkata, wacana tentang guru mendapat gaji yang sesuai dengan UMR telah mendapat respon bagus dari Menteri Keuangan, Sri Mulyani. Secara teknis gaji UMR akan diambil dari Dana Alokasi Umum (DAU), supaya tidak memberatkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

"Itu saya mohon ke Menteri Keuangan, diambil dari DAU (Dana Alokasi Umum), sehingga tidak dibebankan kepada APBD," tutur Muhadjir.

Menurutnya, APBD tiap daerah bakalan digunakan untuk memberikan insentif, sehingga membuat gaji guru honorer bisa di atas UMR. Untuk saat ini, sedang diberlakukan pematangan tentang rencana itu supaya guru honorer segara mendapatkan gaji sesuai UMR.

"Kalau APBD itu nanti bisa digunakan untuk menambah, sehingga gajinya bisa di atasnya UMR. Tetapi, untuk menjamin kalau gaji sesuai UMR, ya dari DAU itu, dan menteri keuangan merespons positif itu. Tapi dimatangkan, karena ini soal uang besar," kata Muhadjir. (VIVA.co.id)




Comments

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...