Mendikbud Menargetkan Semua Guru Honorer Akan Menjadi ASN di Tahun 2023


Mendikbud Menargetkan Semua Guru Honorer Akan Menjadi ASN di Tahun 2023

AntariMedia.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy berkata jika pada akhir bulan Februari pihaknya akan menerapkan sistem Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guna mengatasi kurangnya guru produktif di sekolah-sekolah.

Menurutnya, PPPK akan menjadi pintu masuk untuk merekrut guru yang tidak lolos dari tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Sementara itu, tes PPPK tidak akan dibatasi oleh usia yang seperti tes CPNS.

"Akhir Februari akan ada PPPK. Sekarang ASN ada dua jalur PNS dan jalur PPPK dan untuk guru honorer yang sudah di atas 30 tahun yang tak bisa ikut CPNS dimungkinkan untuk ikut CPPPK. Karena usianya tidak dibatasi untuk CPPPK," kata Muhadjir saat di Malang, Senin, 4 Februari 2019.

Muhadjir berkata, bahwa Kemendikbud telah menargetkan di tahun 2023 Indonesia akan terbebas dari guru honorer seperti yang diharapkan oleh pemerintah. Hingga kini, di Indonesia terdapat 736 ribu guru honorer.

"Secara bertahap target pemerintah dari Kemendikbud pada tahun 2023 guru honorer selesai. Saat ini ada 736 ribu jumlah guru honorer," ujar Muhadjir.

Muhadjir juga menegaskan, akan ada dua jalur guna mengurangi guru honorer yang ada di Indonesia. Yakni dengan jalur tes CPNS dan Tes CPPPK. Keduanya nanti akan digelar setiap tahun guna mengurangi jumlah guru honorer di Indonesia.

"Karena itu jalurnya sama PNS ada tes CPNS setiap tahun dan ada tes CPPPK setiap tahun, akan kita lakukan sampai tuntas. Karena itu saya berharap sekolah-sekolah tidak ada lagi rekrutmen guru honorer. Karena kalau merekrut terus enggak ada habisnya nanti," tutur Muhadjir. (VIVA.co.id)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
.....Klik 2x (Close).....