8 Cara Memperbanyak ASI Secara Alami

AntariMedia.com - ASI (Air Susu Ibu) merupakan salah satu nutrisi yang sangat diperlukan oleh bayi maka dari itu, ASI adalah kunci penting untuk menjaga kesehatan serta tumbuh kembang bayi. Meskipun begitu ternyata ASI juga menjadi masalah yang paling sering dihadapi oleh seorang ibu, hal ini tak lepas dari tidak lancarnya produksi ASI.

Masalah inilah yang membuat sang ibu jadi susah menyusui. Padahal tubuh perempuan seharusnya bisa memproduksi ASI secara alami, yang hasilnya bisa mencukupi kebutuhan sang buah hati.

Dan berikut rangkuman mengenai cara memperbanyak asi yang sudah sedikit, supaya bisa meningkatkan produksi ASI anda, simak ya.


8 Cara Memperbanyak ASI Secara Alami

1. Membersihkan puting

Ketika sudah memasuki trimester ketiga, sebaiknya bagi para calon ibu untuk segera mulai membersihkan puting susu untuk memancarkan jalan keluar ASI. Cara membersihkanny bisa dengan saat mandi lalu memilin-milin puting terutama pada lipatan di ujung puting. Lakukanlah hal ini secara rutin dalam beberapa hari sekali supaya mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Memijat payudara

Memijat secara benar pada payudara ternyata juga bisa meningkatkan produksi ASI jadi lebih meningkat. Pemijatan yang benar biasanya dilakukan dari bagian pangkal payudara dengan cara menekan dinding payudara menggunakan dua jari, yakni jari telunjuk dan juga jari tengah.

3. Menyusui tiap 2-3 jam

Produksi ASI pada tubuh wanita pada dasarnya mengikuti prinsip supply and demand, yang mana tubuh akan memproduksi ASI sesuai dengan kebutuhan bayi. Jadi, jika rutin menyusui setiap 2-3 jam sampai bayi terasa kenyang, maka payudara akan mengirim perintah ke otak untuk memproduksi ASI sebanyak kebutuhan tersebut.

4. Memompa ASI

Memompa ASI tiap kali selesai menyusu bisa memberikan rangsangan dan stimulasi pada payudara. Maka dengan melakukan hal tersebut bisa menjadi salah satu cara untuk memperbanyak produksi ASI. Selain itu, memompa juga bisa mengosongkan ASI yang tidak habis, supaya payudara bisa memproduksi ASI yang baru.

5. Mengompres payudara

Salah satu cara paling mudah untuk meningkatkan produksi ASI adalah dengan cara mengompres payudara dengan handuk hangat selama beberapa menit. Payudara yang sulit mengeluarkan ASI biasanya terjadi karena bayi tidak bisa menghisap, akibat terlalu keras. Maka dari itu, untuk melunakkannya segeralah mengompresnya dengan handuk hangat.

6. Skin to skin contact

Bayi yang disusui saat keadaan telanjang bisa memberikan kontak langsung ke kulit dada. Hal ini lah yang nantinya akan memunculkan kedekatan emosi antara ibu dan bayi. Sehingga otak akan langsung memberikan perintah untuk memproduksi ASI menjadi lebih banyak. Selain itu, skin to skin contact adalah cara menyusui yang sangat dianjurkan.

7. Menyusui dengan posisi yang nyaman

Banyak ibu yang baru menyusui sering mengalami sakit saat menyusui. Sehingga tak jarang membuat ibu beralih menggunakan susu formula guna menggantikan ASI. Hal inilah yang bisa menyebabkan produksi ASI menjadi berkurang. Mulailah untuk mencoba menemukan posisi yang nyaman saat menyusui, supaya saat menyusui tidak terasa sakit.


8. Mengkonsumsi makanan yang bisa memperbanyak ASI

Saat masa menyusui, ibu juga membutuhkan tambahan asupan kalori sebesar 300-500 kalori setiap harinya. Pada umumnya, pepaya, daun katuk, wortel, dan juga bayam adalah aneka jenis makanan yang baik untuk ibu menyusui. Makanan bergizi dan sehat itu akan menambah produksi serta kualitas ASI.

Itulah beberapa cara yang benar untuk meningkatkan ASI, dan jika ASI anda terjaga dengan baik, makan tumbuh kembang anak juga menjadi lebih sehat. Satu hal lagi yang perlu diperhatikan untuk tidak menggunakan obat-obatan atau suplemen. (IDNTimes)

Comments

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...