Ingin Pakai VPN Gratis? Simak Dulu ya 7 Bahaya Menggunakan VPN Gratis

AntariMedia.com - Aplikasi VPN saat ini memang tengah viral, karena aplikasi Android yang satu ini merupakan solusi terbaik guna mengatasi down media sosial. Seperti yang tengah di alami beberapa hari terakhir ini, pemerintah Indonesia memang tengah membatasi penggunaan medsos pasca aksi 22 Mei. Sehingga membuat beberapa masyarakat mengeluh karena susah mengakses media sosial seperti WhatsApp, Facebook, dan juga Instagram.


Meskipun VPN terbilang menjadi Aplikasi solusi yang mampu mengatasi down media sosial, ternyata aplikasi VPN juga mempunyai efek buruk bagi penggunanya. Berikut ulasan dari AntariMedia.com yang mengutip dari laman Okezone.com dan vpnmentor.

1. Mengandung Malware

Salah satu tujuan utama dari aplikasi VPN adalah guna melindungi pengguna dari peretas. Tetapi, digadang-gadang sebagai aplikasi pelindung, ternyata hasil studi mengungkapkan jika ada 283 VPN gratis telah mengandung malware.

Sebagian besar malware tersebut terkait dengan jaringan periklanan. Hal ini bisa dibilang masuk akal karena VPN gratis tidak memiliki sumber pendapatan yang jelas.

2. Melacak Aktivitas Online

Ini juga menjadi salah satu masalah paling ditakuti jika menggunakan VPN. Dan parahnya lagi ini bisa menjadi masalah paling umum bagi VPN.

Alasan utama jika menggunakan VPN ialah guna melindungi privasi anda ketika ingin menjelajah internet. Maka dari itu sangat ironis jika penelitian juga menemukan hasil dari 72% VPN gratis tertanam dengan pelacak pihak ketiga.

3. Tidak Membuka Blokir Netflix

Menariknya, untuk saat ini tidak ada VPN gratis di luar sana yang mampu membuka blokir Netflix.

Kabar beredar jika membuka blokir Netflix akan membutuhkan sumber daya dan penyedia VPN tidak mau memberikannya secara cuma-cuma alias gratis.

4. Membatasi Jumlah Data yang Dapat Anda Gunakan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, beberapa VPN gratis mendapatkan jumlah paling banyak data yang mereka peroleh untuk akun gratis mereka. Aplikasi melakukan hal tersebut supaya anda setuju, supaya anda mendapatkan layanan yang anda inginkan, lalu anda diharuskan pindah ke paket berbayar.

5. Memperlambat Internet

Lama kelamaan VPN bisa menghambat jaringan internet anda. Dan hal ini adalah salah satu ProtonVPN. Meskipun ProtonVPN lebih terbilang mampu memberikan keamanan yang sangat baik, guna mendorong pengguna gratis supaya mereka meningkatkan ke paket berbayar. Mereka memprioritaskan mereka kekurangan pelanggan berbayar, yang berarti kecepatan Internet anda akan sering melambat.

6. Bombardir Iklan

Beberapa alasan VPN menawarkan iklan secara gratis, karena mereka tidak membayar langganan bulanan. Perusahaan penyedia VPN memang membutuhkan cara apapun untuk menghasilkan uang.

Betternet ialah salah satu penyedia yang menggunakan model seperti ini. Sedangkan mereka mengumumkan di situs web resmi milik mereka yang ditampilkan, dan iklan pun akan muncul setiap kali pengguna terhubung.

7. Mereka Menjual Bandwidth Anda

Selain menampilkan iklan, Aplikasi VPN juga ada cara lain untuk menghasilkan uang dari pengguna aplikasi VPN gratis. Aplikasi yang diterima pelanggan adalah menjual bandwidth Anda untuk mendapatkan keuntungan. (Okezone.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
.....Klik 2x (Close).....