Ini Dampak Bahaya Menggunakan VPN, Aplikasi Android yang Digunakan Untuk Atasi WhatsApp Eror

AntariMedia.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, mengungkapkan dampak bahaya menggunakan Virtual Private Network (VPN) yang saat ini lagi ramai digunakan untuk mengakses WhatsApp.


"Kami sudah memperhitungkan salah satunya melalui VPN, selalu dikatakan bisa bypass lewat VPN, namun hindari VPN karena (kalau kita menggunakan) VPN gratis bisa terdampak terbukanya data-data pribadi," ucap Rudiantara, dilaporkan Liputan6.com, Kamis 23 Mei 2019.

Alasan lain yang ditimbulakn yaitu, penggunaan VPN bisa menjadi akses masuknya malware atau virus ke dalam ponsel pengguna. Terutama, aplikasi VPN yang didapat secara gratis. "Kalau gratis, hindari. Pokoknya hindari menggunakan aplikasi WhatsApp melalui VPN," kata dia.

Dia juga mencontohkan, penggunaan VPN banyak digunakan di China. Di Negeri Tirai Bambu tersebut, negara membatasi akses aplikasi besutan Android dan iOS.

"Di Tiongkok, WhatsApp tidak bisa, tetapi menggunakan VPN bisa, tetap berbahaya memakai VPN," ucap dia.

Bagaimana dengan VPN berbayar?

Pengecualian juga disampaikan oleh Rudiantara. Untuk VPN berbayar seharga Rp2-3 juta, Rudiantara menggaransi penggunaannya.

Sebelumnya telah disampaikan, Rudiantara belum dapat memastikan kapan akses media sosial dan instant messenger, semisal WhatsApp, Instagram, serta Twitter bisa digunakan secara penuh. Dia menunggu situasi dinyatakan kondusif.

"Saya tidak bisa tetapkan besok atau lusa (membuka akses ke media sosial) saya harap situasi kembali normal," kata dia. (Liputan6.com)


 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel