7 Asupan Makanan Terbaik Untuk Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

AntariMedia.com - wanita setidaknya membutuhkan Asupan makanan rata-rata 2.200 kalori di setiap harinya. Sedangkan untuk Ibu hamil atau Bumil setidaknya membutuhkan kalori tambahan sebanyak 300 kalori, jadi bila di total, per harinya ibu hamil membutuhkan Asupan kalori sebesar 2.500 setiap harinya.


Tambahan kalori tersebut dinilai sangatlah penting guna menjaga kesehatan ibu hamil dan juga janinnya. Apabila ibu hamil mengandung anak kembar, maka kebutuhan kalorinya pun juga bertambah, bisa-bisa mencapai 3.500 kalori per harinya.

Oleh sebab itu, ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan ibu hamil yang sehat dan bergizi. Dan bagi yang penasaran mengenai apa saja Asupan makan yang baik bagi ibu hamil supaya menambah berat badan janin.

1. Asupan Karbohidrat

Karbohidrat dinilai sebagai sumber yang sangat baik, bagi ibu hamil Asupan karbohidrat bisa didapatkan dengan cara memakan biji-bijian, buah-bahan, sayur, kacang polong dan juga susu rendah lemak.

2. Tambahan Lemak tak jenuh

Untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi, ibu hamil sangat penting untuk menjaga pola makan. Asupan lemak tak jenuh dinilai bisa membantu pertumbuhan janin dan juga bisa memastikan plasenta anda sehat. Karena, janin juga membutuhkan vitamin dan mineral untuk tumbuh kembangnya.

Meskipun begitu, bukan berarti ibu hamil bisa bebas makan makanan yang di inginkan. Adapun makanan yang bisa menghasilkan lemak tak jenuh bisa didapat dari alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, minyak zaitun dan juga ikan berlemak seperti almon.

3. Zat besi sebagai bagian penting

Zat besi merupakan zat yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Akan tetapi, karena hamil pastinya ibu hamil membutuhkan zat besi dua kali lebih banyak pada trimester kedua dan ketiga.

Dan zat besi pada trimester pertama hanya membutuhkan sedikit zat besi. Karena suplemen zat besi pada trimester pertama malah memperparah morning sickness.

Zat besi adalah bagian terpenting dari sel darah merah, serta bisa juga membantu pertumbuhan plasenta dan janin. Zat besi bisa kiha membangun ketahanan terhadap stres dan penyakit dan juga bisa untuk menghindarkan ibu hamil dari kelelahan, lemah, mudah tersinggung, dan depresi.

Zat besi bisa diperoleh ibu hamil dari gandum utuh, daging sapi tanpa lemak, buah kering, kacang-kacangan, dan juga sayuran hijau.

4. Protein untuk perkembangan otak

Saat masa kehamilan ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi protein 90-100 gram setiap hari. Protein sendiri sangat penting untuk proses perkembangan bayi, meningkatkan pertumbuhan janin dan juga menambah berat janin terutama untuk perkembangan otak.

Sumber protein ini bisa didapatkan dari kacang almond, ayam, daging sapi tanpa lak, Ikan, dan juga makanan olahan susu (keju, susu, yogurt).

Ibu hamil bisa juga menambahkan keju rendah lemak ataupun selagi kacang sebagai camilan.

5. Mengonsumsi Asam Folat

Perbanyak konsumsi asam folat saat kehamilan dini bisa mengurangi resiko babi cacat atau cacat lahir. Asam folat adalah salah satu jenis dari vitamin B.

Jika para bunda di rumah hamil dengan bayi kembar maka diperlukan konsumsi 1 mg asam folat setiap harinya. Sedangkan bagi wanita subur, diperlukan 0,4 mg hingga 0,8 mg asam folat yang bisa didapat dari makanan, suplemen, atau campuran makanan ditambah dengan suplemen. Jumlah ini sering ditemukan pada jeni-jenis multivitamin satu kali sehari.

6. Tambahan kalsium

Supaya mendapatkan tulang dan gigi yang kuat, kalsium juga berperan dengan sangat bait. Kalsium juta dipercaya bisa membuat darah jadi menggumpal secara normal. Saraf bekerja dengan baik, dan juga detak jantung berdetak dengan normal.

Agar bisa memperoleh 1.000 miligram per hari, mommy yang sedang hamil maupun menyusui bisa mendapatkan asupan kalsium dengan cara memakan atau meminum empat porsi produk susu setiap hari.

Bukan hanya itu, sumber kalisum lainnya juga bisa didapat dari sayuran hijau, misal seperti sawo, lobak hijau, bok choy, kangkung, selada air, brokoli, kembang kol, jagung, jus jeruk, almond, dan biji wijen.

7. Asupan gula

Orang hamil pastinya identik dengan yang namanya ngidam buah yang asam, daripada memakan buah asam, lebih baik mommy mengkonsumsi buah segar yang sangat bagus dalam memberikan asupan gula pada janin. Tetapi jangan sampai berlebih ya mom, karena yang dibutuhkan hanya 100 kalori per hari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel