BKN: Tanpa Tes Tak Mungkin Honorer Jadi PNS

AntariMedia.com - Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah menyatakan tidak akan ada keistimewaan bagi pihak manapun yang ingin menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS). Para Honorer juga diajak untuk ikut serta dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sesuai dengan peraturan yang telah dibuat.


Kepala Biro Humas BKN, M. Ridwan, menyatakan sejak awal pegawai Honorer pastinya sudah paham jika tidak bisa langsung diangkat menjadi PNS. Ia juga mengatakan sudah ada kontrak yang ditandatangani sejak awal.

"Dari awal, teman-teman honorer ketika pertama kali kontrak itu narasi normatifnya adalah tidak akan menuntut diangkat menjadi CPNS. Dari awal mereka sudah tanda tangan itu," jelas Ridwan ketika berbincang dengan Liputan6.com, Selasa (18/6/2019).

Sementara itu, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) juga sempat meminta akan ada prioritas honorer di tes CPNS dikarenakan telah puluhan tahun mengabdi. Ridwan pun juga menjelaskan tidak akan ada keistimewaaan seperti untuk para honorer.

Ia pun juga berkata dari awal kontrak para Honorer dan seharusnya juga memahami jika bekerja di sebuah instansi tidak akan menjadi penentu status mereka. Jadi semuanya diwajibkan untuk mengikuti seleksi.

"Yang kedua, mereka sudah tahu dengan konsekuesinya bahwa menjadi honorer di salah satu instansi itu bukan tiket privilege bagi mereka untuk bisa menjadi CPNS," tegas Ridwan.

Mengikuti seleksi PPPK merupakan solusi terbaik bagi para honorer yang sudah berusia di atas 35 tahun. Ridwan menyebutkan dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 12 Tahun 2019, nantinya akan ada kebijakan jika para honorer hanya akan bertanding dengan honorer dalam memperebutkan PPPK. Sedangkan bagi honorer yang berusia di bawah 35 tahun akan diajak untuk mengikuti tes CPNS umum.
"Jadi tidak ada tiket privilege bagi siapapun yang tidak mau pakai seleksi kemudian tiba-tiba mau jadi ASN. Enggak mungkin," lanjutnya menegaskan.
Pemerintah sendiri sejak tahun lalu sudah menyatakan agar honorer diatas 35 tahun masuk PPPK. Karena tugas, kewajiban, dan penghasilan akan setara dengan PNS, dan tentunya akan sama-sama menjadi ASN. (Liputan6.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
.....Klik 2x (Close).....