Pendaftaran PPDB Online 2019 bagi SMA/SMK Telah dibuka Hari Ini

AntariMedia.com - Pendaftaran Peserta Didik Baru atau PPDB 2019 bagi SMA, SMK dan SLB di Jawa Barat (Jabar) resmi dibuka mulai hari ini, Senin (17/6/2019).


Mengutip dari laman resmi milik PPDB online Jabar telah dibuka sampai tanggal 22 Juni 2019. Adapun pendaftaran secara online dan dibantu oleh operator satuan pendidikan dengan cara mengunjungi laman PPDB Provinsi Jawa Barat di http://ppdb.disdik.jabarprov.go.id.

Untuk PPDB Jabar 2019, calon peserta didik akan diberi kesempatan memilih salah satu dari 3 jalur yang telah disediakan.

Yang pertama, Jalur Zonasi dengan kuota 90 persen, yang mengutamakan jarak terdekat dari domisili ke sekolah dengan seleksi berbasis jarak sebesar 75 persen.

Nanti didalamnya sudah termasuk keluarga ekonomi tidak mampu (KETM) 20 persen serta kombinasi jarak dan prestasi akademik sebesar 15 persen.

Yang kedua, Jalur Prestasi dengan kuota sebesar 5 persen, bisa melalui prestasi UN atau non-UN.

Yang ketiga, Jalur Perpindahan orang tua dengan kuota sebesar 5 persen, didasarkan pada perpindahan tugas/mengikuti tempat bekerja orang tua calon peserta didik.

Bagi calon siswa didik yang ingin mendaftar dihimbau supaya mempersiapkan sejumlah persyaratan PPDB Jabar 2019.

  • Pertama, siapakan pas foto hitam putih 3 x 4 sebanyak dua lembar. 
  • Kedua, fotokopi ijazah dan SHUN SMP atau sederajat yang sudah dilegalisir. 
  • Ketiga, fotokopi akta lahir dan dokumen asli dengan batas usia maksimal 21 tahun dan belum menikah. 
  • Keempat, fotokopi dan dokumen asli KTP orang tua. 
  • Kelima, fotokopi dan dokumen asli Kartu Keluarga atau surat keterangan domisili dari RT/RW. Surat keterangan itu menerangkan bahwa calon peserta didik berdomisili di wilayah tersebut paling singkat enam bulan sebelum pelaksanaan PPDB. 
  • Keenam, fotokopi dan dokumen asli Kartu Indonesia Pintar, Program Keluarga Harapan, kartu Indonesia Sehat dan bukti lainnya yang dikeluarkan oleh pemda. 


Tata Cara Pendaftaran PPDB Jabar: 

  • Calon peserta didik melakukan pendaftaran ke satuan pendidikan pilihan pertama. 
  • Pendaftaran secara daring dengan bantuan operator satuan pendidikan dengan cara mengunjungi laman PPDB Provinsi Jawa Barat di http://ppdb.disdik.jabarprov.go.id.
  • Calon peserta didik hanya dapat memilih satu jalur PPDB dari 3 jalur yaitu zonasi atau prestasi atau perpindahan. 
  • Calon peserta didik SMA jalur zonasi (termasuk KETM) dapat memilih: a) sekolah pilihan ke satu dan pilihan ke dua dalam zona yang sesuai tempat domisili, dan b) sekolah pilihan ke tiga pada zona lain terdekat tempat domisili. 
  • Selain melakukan pendaftaran PPDB melalui jalur zonasi sesuai dengan domisili dalam zonasi yang telah ditetapkan, calon peserta didik dapat melakukan pendaftaran PPDB melalui jalur prestasi di luar zonasi domisili peserta didik. 
  • Calon peserta didik SMA jalur prestasi dapat memilih 3 sekolah di dalam atau luar zonasi domisili calon peserta didik; Calon peserta didik jalur perpindahan dapat memilih 3 sekolah pada satu atau dua zona di luar zona dan atau kecamatan domisili calon peserta didik. 
  • Sekolah pilihan ke tiga pada 4 b, 6 dan 7 ditujukan untuk penyaluran jika kuota di sekolah pilihan ketiga belum terpenuhi.


Jadwal PPDB Online Jabar 2019:

  1. Pendaftaran PPDB pada 17 – 22 Juni 2019.
  2. Verifikasi /uji kompetensi pada 24 – 26 Juni 2019.
  3. Pengumuman hasil seleksi pada 29 Juni 2019.
  4. Daftar ulang 1 – 2 Juli 2019 Awal tahun pelajaran.
  5. 2019/2020 pada 15 Juli 2019 Masa Pengenalan.
  6. Lingkungan Sekolah (MPLS) tanggal 16 – 18 Juli 2019.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel