Rekrutmen PPPK: Kabar Gembira Bagi Honorer K2 Tenaga Administrasi

AntariMedia.com - Honorer K2 dan juga nonkategori tenaga teknis lainnya seperti administrasi kini berpeluang untuk ikut mendaftar seleksi PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja) tahap II pada tahun ini.


Tetapi, menurut Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana, persentasenya sangatlah sedikit.

"Sebenarnya tenaga teknis lainnya seperti administrasi sudah cukup banyak sehingga formasi ini tidak dibuka. Namun, untuk tahap dua nanti akan dilihat apakah daerah butuh PPPK tenaga administrasi. Kalau ya, dibuka tapi enggak banyak formasinya," kata Bima kepada JPNN, Jumat (21/6).

Ia menyebutkan, tenaga honorer K2 ataupun nonkategori yang posisinya tenaga fungsional guru, penyuluh pertanian, tenaga kesehatan, dosen, analis, masih sangat dibutuhkan pada seleksi tahap II. Formasi-formasi inipun masih akan mendapatkan kuota yang banyak.

"Kami tidak ingin menjanjikan yang muluk-muluk bagi honorer K2 maupun nonkategori tenaga teknis lainnya. Tidak akan mungkin semuanya diakomodir jadi PPPK karena nanti berlebih-lebihan," terangnya.

Ini saja kata Bima, ada sejumlah daerah yang memiliki memiliki perkembangan teknologi informasinya pesat, jadi tidak lagi mengusulkan kebutuhan PNS tenaga administrasi.

Ketika semua pekerjaan sudah bisa diambil alih teknologi, tenaga administrasi tidak akan dibutuhkan lagi.

"Imbas revolusi industri 4.0 ini ada 60 persen pekerjaan di dunia akan hilang, salah satunya administrasi. Kalau sudah bisa digantikan oleh e-office tenaga administrasi enggak dibutuhkan lagi," terangnya.

Untuk tahun ini pemerintah akan membuka rekrutmen ASN sebanyak 254.173 formasi. Terdiri dari kuota PPPK untuk pusat dan daerah adalah 168.636. Sisanya untuk CPNS yang meliputi ikatan dinas 5.769 dan pelamar umum 79.768.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
.....Klik 2x (Close).....