Sederet Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Tubuh

AntariMedia.com - Kentang adalah salah satu sumber makanan yang sangat umum dan penting karena mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Sayuran ini juga merupakan salah satu makanan pokok bagi sebagian besar negara di dunia. Manfaat kentang untuk kesehatan diantaranya baik untuk pencernaan, mengurangi kadar kolesterol, meningkatkan kesehatan jantung, mencegah kanker, dan mengelola diabetes dengan baik. Sayuran ini juga mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh, mengurangi tanda-tanda penuaan, melindungi kulit, meningkatkan sirkulasi, mengurangi tekanan darah, menjaga keseimbangan cairan, mengurangi insomnia, dan menjaga kesehatan mata.


Tanaman kentang dengan nama ilmiah Solanum tuberosum ini merupakan sayuran asli dari Amerika. Kentang telah dibudidayakan di suatu tempat antara 7000 - 10.000 tahun yang lalu di wilayah tengah dan selatan Amerika.

Salah satu keunggulan kentang adalah sangat disukai oleh banyak orang. Anak-anak yang seringkali menolak makan sayuran biasanya mereka akan suka jika dihidangkan sayuran kentang. Sayuran ini juga dapat dihidangkan dengan berbagai macam cara memasak seperti dipanggang, digoreng, diiris, dihaluskan dan lain-lain.

Khasiat kentang lainnya adalah sangat baik untuk diet. Bagaimana tidak, kentang adalah salah satu makanan yang diakui di dunia sebagai asupan diet. Kentang mempunyai komponen gizi melampaui karbohidrat dan kalori dan dapat menjadi tambahan yang sangat bermanfaat untuk makanan apapun.

Sebelum kita beranjak membahas lebih jauh lagi akan manfaat kentang untuk kesehatan mari kita telusuri dahulu kandungan nutrisi yang ada pada kentang terlebih dahulu.

Kandungan Nutrisi Kentang

Alasan mengapa kentang diterima luas ke seluruh dunia dengan sangat cepat adalah karena sayuran ini merupakan gudang energi dan nutrisi, termasuk vitamin, mineral, dan senyawa organik esensial.

Kandungan Mineral

Jika anda maengkonsumsi kentang secara teratur makan akan sangat membantu mencukupi pasokan air dan ion yang baik dalam tubuh. Ini dikarenakan kentang kaya potasium. Kosentrasi tertinggi di kulit dan tepat di bawahnya. Jadi makan kentang dengan kulitnya sangatlah bermanfaat karena mengandung kalsium, zat besi dan fosfor.

Kandungan Vitamin

Kentang diketahui mengandung vitamin C dalam jumlah besar. Dalam 100 gram porsi mengandung sekitar 17 mg vitamin C. Selain itu sayuran ini juga mengandung vitamin A, Vitamin B, dan Vitamin P.

Kandungan Air

Kandungan air dalam kentang dapat mencapai sekitar 70-80 persen dari beratnya. Pendapat yang mengatakan mengkonsumsi buah kentang akan mengakibatkan kegemukan adalah kesalah pahaman. Kecuali jika anda mengkonsumsi kentang goreng dengan lemak dan kolestrol tinggi dapat dipastikan anda akan mengalami kelebihan berat badan.

Kandungan Pati

Kentang mengandung sekitar 17% pati yang merupakan salah satu sumber alami terbaik. Namun anda harus menghindari makan kentang bertunas yang mengakibatkan konversi pati menjadi gula sehingga tidak baik untuk dikonsumsi.

Manfaat Kentang Untuk Kesehatan Tubuh 

1. Menambah berat Badan

Karbohidrat dalam kentang mengandung sedikit protein sehingga sangat ideal bagi orang kurus yang ingin menambah berat badannya. Kandungan vitamin termasuk vitamin C dan B-kompleks juga dapat membantu penyerapan karbohidrat yang tepat. Itulah mengapa kentang menjadi asupan khusus bagi pegulat sumo, serta atlet-atlet lain yang membutuhkan cadangan energi yang besar.

2. Kentang Baik Untuk Pencernaan 

Manfaat kentang berikutnya yaitu sangat baik untuk pencernaan karena mengandung banyak karbohidrat. Kandungan ini sangat baik untuk bayi atau bagi orang yang tidakbia mencerna makanan keras, tetapi tubuh tetap membutuhkan energi yang cukup. Namun, porsi harus dijaga agar tidak berlebihan, karena jika terlalu banyak dapat menyababkan keasaman seiring dengan berjalannya waktu. Kentang juga mengandung cukup banyak serat terutama pada kentang mentah. Ini dapat merangsang gerakan peristaltik dan meningkatkan sekresi lambung yang dapat memudahkan pencernaan dan mencegah kondisi seperti sembelit juga dapat melindungi tubuh dari kondisi serius seperti kanker kolorektal. Serat juga berperan dalam pengikisan kolesterol dari arteri dan pembuluh darah sehingga dapat meningkatkan kesehatan jantung.

3. Kentang Untuk Perawatan Kulit

Vitamin C dan B-Kompleks, serta mineral seperti kalium, magnesium, fosfor dan seng sangat baik untuk kulit. Selain itu, ampas yang diperoleh dari kentang mentah yang hancur jika dicampur dengan madu, dapat menambah kecantikan kulit dan wajah. Bahkan bagi anda yang mempunyai jerawat, kentang juga dapat digunakan untuk membersihkan jerawat dan bintik-bintik pada kulit. Selain itu, kentang juga dapat digunakan untuk membantu penyembuhan pada luka bakar.

4. Mengobati penyakit Scuvy

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam kentang dapat membantu mencegah penyakit Scuvy. Penyakit ini disebabkan karena kekurangan vitamin C. Biasanya gejala yang muncul ditandai dengan sudut bibir retak, gusi berdarah, dan infeksi virus.

5. Mengurangi peradangan

Kentang sangat efektif dalam mengurangi peradangan, baik internal maupun eksternal. Karena kontour kentang yang lembut dan mudah dicerna serta memiliki banyak vitamin C (antioksidan yang sangat baik untuk memperbaiki kerusakan jaringan) dapat meredakan peradangan di usus dan pencernaan. Bagi yang menderita asam urat dan radang sendi dapat menggunakan kentang untuk dampak anti-inflamasi. Namun porsi harus tetap seimbang agar anda tidak gendut karena kebanyakan makan kentang.

6. Mencegah Kanker

Jenis kentang tertentu, terutama yang berwarna merah dan russet, mengandung antioksidan flavonoid dan vitamin A dalam kadar tinggi, seperti zeaxanthin dan karoten yang dapat melindungi Anda dari berbagai jenis kanker. Juga, sebuah penelitian di Penelitian Pertanian telah menunjukkan bahwa kentang mengandung senyawa yang disebut quercetin, yang telah terbukti memiliki sifat anti-kanker dan anti-tumor. Akhirnya, kadar tinggi vitamin A dan C, keduanya memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi tubuh Anda dari efek kanker yang menghancurkan.

7. Menurunkan Tekanan Darah

Bagi penderita darah tinggi karena tegang dapat mengkonsumsi kentang untuk membantu menurunkan tekanan namun jika darah tinggi karena diabetes sebaiknya dihindari karena mengandung banyak karbohidrat. Serat yang terdapat dalam kentang sangat membantu dalam menurunkan kolesterol dan meningkatkan fungsi insulin dalam tubuh yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, potasium yang terdapat dalam kentang dapat berfungsi sebagai vasodilator yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

8. Meningkatkan Fungsi Otak

Otak juga butuh nutrisi agar dapat berfungsi dengan baik. Otak sangat membutuhkan berbagai komponen vitamin B kompleks dan hormon tertentu, asam amino dan asam lemak seperti omega 3. Kentang memenuhi hampir semua kebutuh itu. Kandungan karbohidratnya dapat menjaga kadar glukosa dalam darah yang berfungsi agar otak tidak mengalami keletihan dalam beraktifitas dan kinerja kognitif tetap tinggi. Selanjutnya, otak juga membutuhkan oksigen yagn dibawa oleh hemoglobin dalam dara konstituen utamanya adalah besi.

Kentang juga mengandung zat besi yang dapat membantu mengantarkan oksigen ke otak. Ada berbagai macam vitamin dan mineral dalam kentang yang secara positif mempengaruhi fungsi otak seperti fosfor, seng, dan vitamin B kompleks. Sifat vasodilatasi potasium juga berperan dalam stimulai fungsi otak karena peningkatan aliran darah kesana.

9. Kentang untuk Mencegah Penyakit Jantung

Selain vitamin, mineral dan serat, kentang juga mengandung zat tertentu yang disebut karotenoid (lutein dan zeaxanthin). Karotenoid bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan fungsi ornga-organ internal lainnya. Namun metode pencegahan penyakit jantung ini tidak dianjurkan bagi penderita obesitas atau diabetes karena konsumsi yang berlebihan dapat memperparah keadaan tersebut.

10. Mengobati Batu Ginjal

Batu ginjal disebabkan oleh peningkatan asam urat dalam darah. Dalam kasus seperti itu, makanan dengan protein tinggi harus dihindari khususnya protein hewani seperti daging, kalkun, udang, ikan, telur dan susu serta bayam, pisang mentah, garam hitam, dan kacang tertentu yang secara drastis dapat meningkatkan level asam urat dalam darah. Besi dan kalsium juga berkontribusi pada pembentukan batu.

11. Mengobati Diare

Manfaat kentang juga sangat baik bagi penderita diare karena kentang mudah dicerna dan mengandung serat halus. Namun, kondisi seperti ini bisa jadi sebaliknya jika mengkonsumsi pati berlebihan.

Tips Agar Kandungan Nutrisi Kentang Tidak Hilang

  1. Hindari mengupas kentang sebelum memasaknya. Kulit terluar kentang dapat memberikan melindungi nutrisi selama proses memasak. Kandungan protein dan mineral di bawah kulit sangatlah tinggi, jadi jika anda memasak kentang setelah mengupasnya maka sebagian besar protein dan mineral akan hilang.
  2. Saat memasak kentang, panaskan air terlebih dahulu hingga mendidih kemudian masukkan kentang. Hal ini dilakukan untuk mengurangi waktu masak dan membantu mempertahankan kandungan vitamin C. 
  3. Minimalkan mengggoreng kentang karna 75% vitamin C nya hilang saat digoreng. Anda dapat menggunakan metode masak yang lainnya seperti memasak kue dan uap. 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel