PNS Bekerja Dari Rumah Sudah Dilakukan Oleh Negara Maju

AntariMedia.com - Tidak semuanya Pegawai Negeri Sipil (PNS) diperbolehkan kerja dari rumah. Hanya PNS yang sudah berprestasi yang bisa bekerja dari rumah.


Menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin, PNS boleh kerja dari rumah sudah dilakukan oleh beberapa negara maju.

"PNS yang bekerja di rumah ini, sudah dilakukan oleh negara maju. Contohnya Australia hanya aparatnya yang punya prestasi, hari Rabu kerja di rumah," kata Syafruddin di Gedung Kemenpan RB Jakarta, Rabu (14/8/2019).

Tetapi, lanjutnya, pihaknya tak ingin PNS kerja di rumah itu seperti pekerjaan startup. Karena budaya Indonesia sangatlah berbeda serta fungsi kontrol belum akurat. Di mana budaya kerja PNS Indonesia berbeda dengan luar negeri.

"Tetapi inspirasinya dari negara luar. Itu baru wacana. Ini juga desakan dari bonus demografi," ungkap dia. Kalau PNS luar umumnya federal, fungsi kontrol ada di Gubernur, ada di federal, kita kesatuan Republik Indonesia, PNS terkontrol dari pusat ke daerah," jelas dia.

Hanya PNS Berprestasi yang Boleh Kerja dari Rumah

Pada sebelumnya, Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Berita Publik Kementerian PANRB Mudzakir mengatakan, pihaknya masih melakukan penggodokan supaya PNS, bisa bekerja dari rumah.

"Jadi, ide tersebut masih dalam penggodokan. Dan masih panjang tahapannya sampai realisasinya," ungkapnya kepada Okezone.

Ide awal PNS bisa kerja di rumah, lanjutnya, adalah hasil dari kajian dan juga interaksi dengan banyak sekali kalangan terkait. "Kami terus melakukan kajian dengan adanya hal itu," ungkap dia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
.....Klik 2x (Close).....