Sebenarnya Kapan Sih Seleksi CPNS 2019 Dibuka? Berikut Jawaban Dari BKN


AntariMedia.com - Pemerintah yang kembali akan membuka rekrutmen calon pegawai negeri sipil atau CPNS pada tahun ini.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara ( BKN) Mohammad Ridwan mengatakan, pengumuman rekrutmen CPNS masih menunggu untuk masa pemerintahan baru.

"Pengumuman resmi menunggu pemerintahan baru terbentuk. Sekitar minggu IV Oktober," kata Ridwan melalui pesan WhatsApp kepada Kompas.com, Senin (30/9/2019) siang.

Ridwan juga menjelaskan, pengumuman itu akan meliputi alokasi formasi sampai tata cara pendaftaran.

Menurutnya, rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) 2019 akan berfokus pada rekrutmen CPNS saja dan juga tidak akan melakukan penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

"(Rekrutmen bulan Oktober hanya) CPNS saja. Untuk P3K (PPPK), sebagian besar daerah tidak punya anggaran untuk menggaji mereka. Sementara ini fokus kami ke penerimaan CPNS 2019," ujar Ridwan.

Baca Juga:
Tes CPNS 2019 Dikabarkan Mundur Ke Awal Tahun 2020

Sementara itu, kursi yang dialokasikan untuk rekrutmen CPNS 2019 tahun ini akan sebanyak 197.111 formasi.

Finalisasi Formasi Pengadaan CPNS 

Diberitakan sebelumnya, pengumuman lengkap mengenai rekrutmen CPNS 2019 dapat diakses melalui situs resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Pada 10 September 2019 lalu, disebutkan bahwa saat itu Kemenpan RB tengah melakukan finalisasi penetapan formasi pengadaan CPNS 2019 untuk instansi pusat maupun daerah.

Baca Juga:
Lowongan untuk CPNS 2019, Tapi Kok Tesnya Tahun Depan?

Maka dari itu, untuk setiap instansi yang mendapatkan formasi akan mengumumkan seleksi CPNS pada instansi masing-masing yang akan terdiri dari jabatan kosong yang akan diisi, jumlah dari formasi setiap jabatan, persyaratan setiap jawabata (meliputi syarat pendidikan minimal), dan juga tata cara dan waktu pendaftaran.

Antusias masyarakat terhadap rekrutmen CPNS masih cukup tinggi. Terkadang, ada beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab untuk memanfaatkan kesempatan seperti ini.

Sehingga, masyarakat pun dimintai untuk selalu waspada serta berhati-hati terhadap segala informasi yang berkaitan dengan rekrutmen CPNS.

Sumber: Kompas.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel