5 Makanan Terbaik Setelah Operasi Caesar yang Harus Ibu Bayi Konsumsi


AntariMedia.com - Ibu habis melalui proses melahirkan dan menjalani operasi caesar? Tahukah Ibu? Pasca operasi caesar itu biasanya Ibu harus menjalani masa pemulihan yang bisa terbilang cukup lama, karena luka bekas operasi caesar harus benar-benar pulih hingga kering.

Nah, salah satu caranya yaitu dengan mengontrol asupan makanan yang cukup tepat. Hal itu bisa mempercepat proses penyembuhan.

Dan berikut AntariMedia infokan mengenai 5 jenis makanan yang wajib Ibu konsumsi setelah operasi caesar.

Makanan Baik Setelah Operasi Caesar

1. Berprotein tinggi

Setelah melahirkan sang buah hati dengan operasi caesar, guna membantu proses pembentukan sel-sel dalam proses pemulihan maka Ibu bayi harus mengonsumsi makanan yang berprotein tinggi.

Dengan makanan yang mengandung protein, manfaat yang didapat adalah membantu mengembalikan kekuatan otot-otot pada sekitar rahim setelah operasi caesar.

Ibu bisa memakan daging, ikan, dan telur yang banyak mengandung omega 3 supaya mempercepat proses penyembuhan dan mengembalikan kondisi tubuh setelah operasi.

Selain itu makanan tinggi protein akan membantu meregenerasi jaringan dalam tubuh Ibu.

2. Kaya akan zat besi

Ibu yang setelah melahirkan melalui operasi caesar, maka Ibu harus melalui proses pemulihan yang bisa dibilang cukup lama. Oleh karena itu caranya bisa dengan memilih menu makanan yang tepat.

Pilihlah makanan yang mengandung banyak zat besi ya.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi sangatlah penting guna membantu mengembalikan darah yang hilang karena proses melahirkan dan membantu sistem daya tahan tubuh.

Selain itu kandungan zat besi juga berfungsi untuk menjaga kadar hemoglobin dalam darah, sehingga distribusi oksigen akan merata ke seluruh tubuh.

Ibu bayi bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti bayam, hati.

Baca Juga:
8 Cara Memperbanyak ASI Secara Alami

3. Memiliki kadar air yang banyak

Sebagian besar operasi caesar memang sangat menyakitkan dan mengambil banyak energi sang ibu.

Sedangkan untuk memulihkan kondisi sang ibu pasca operasi, bisa dilakukan dengan cara perbanyak istirahat serta mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar air yang banyak atau rutin minum air putih.

Ibu bayi yang habis menjalankan operasi, maka kondisi tubuh sang ibu tidak boleh terhidrasi.

Usahakan untuk mencukupi dengan asupan makanan yang mengandung kadar air, karena air bisa berperan dalam membantu proses pembuangan dan metabolisme tubuh yang mampu membuang racun-racun melalui urine maupun keringat.

Ibu bayi bisa juga dengan memakan buah melon, semangka, dan stroberi yang memiliki peranan penting selama proses penyembuhan pasca operasi caesar.

4. Mengandung vitamin

Hal yang perlu Ibu ketahui setelah operasi caesar adalah harus menyembuhkan luka dengan makanan yang banyak mengandung vitamin A dan C.

Karena kedua vitamin tersebut bisa menyembuhkan luka dan juga bisa mencegah infeksi.

Ibu bayi bisa menemukan kandungan vitamin tersebut pada sayuran berwarna oranye dan hijau seperti brokoli, jeruk, tomat dan wortel.

Dengan mencukupi vitamin C pasca operasi maka bisa mempercepat proses pemulihan serta mengurangi inflamasi.

Selain mengonsumsi dua jenis vitamin A dan C, Ibu juga dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin D, E dan K guna mempercepat penyembuhan tulang, membantu memproduksi kolagen dan berperan dalam proses pembekuan darah dalam tubuh sang Ibu.

Baca Juga:
Mengapa Kopi Baik untuk Anda? Inilah 7 Alasannya

5. Mengonsumsi yoghurt

Yoghurt adalah produk susu yang mengandung bakteri baik dan sangat tepat dikonsumsi setelah melahirkan operasi caesar.

Kandungan kalsium yang ada pada yoghurt berguna untuk membantu melemaskan otot-otot serta menguatkan tulang.

Selain itu dengan mengkonsumsi produk susu rendah lemak, bermanfaat juga untuk memberantas bakteri baik dalam pencernaan.

Penting bagi Ibu untuk mengetahui apa yang seharusnya dikonsumsi untuk mencegah masalah setelah melahirkan caesar. Cobalah untuk makan lebih banyak makanan yang mengandung banyak gizi dan vitamin.

Sumber: POPMAMA.COM

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel