Tutorial Menambah Siswa Baru Pada Web Emis Madrasah

AntariMedia.com - Menambah siswa baru di web emis madrasah haruslah dilakukan oleh masing - masing operator madarsah. Sebab data siswa baru belum terdata web emis. Jika pada tahun lalu siswa baru dimasukkan atau diupload menggunakan template untuk kali ini template belum tersedia pada menu emis. Sehingga operator harus memasukkan secara manual. Malah kabarnya menu upload melalui template ini hanya tersedia untuk jenjang  RA saha.

Menambah siswa baru di emis dilakukan secara manual melalui menu siswa aktif yang kemudian ke menu tambah siswa baru seperti tutorial yang sudah kami buat pada pembahasan sebelumnya. Jika anda belum mengetahui cara sukses menambah siswa baru di emis silahkan baca Tutorial Menambah Siswa Baru Di Web Emis Madrasah Dari Siswa Lulusan Umum.

Umumnya menambah siswa baru di emis secara manual dilakukan satu persatu, sehingga menyebakan proses input ke web emis membutuhkan waktu yang lumayan lama. Hal tersebut tidak memungkinkan jika madrasah memiliki siswa baru kisaran 500 siswa hingga 1000 siswa, mengingat bagaimana kondisi web emis saat ini.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini admin akan memberikan sedikit tips dan trik agar proses menambah siswa lebih cepat sehingga pekerjaan anda juga lebih cepat selesai. Baiklah silahkan perhatikan perhatikan trik dibawah.

Tutorial Menambah Siswa Baru Pada Web Emis Madrasah

Trik ini sebenarnya merupakan cara yang sama dengan memasukkan siswa baru lulusan non madrasah yang membedakan adalah jumlah menu tambah data siswa baru yang dibuka. Jadi dalam waktu bersamaan langusng membuka beberapa menu tambah data nya, Sehingga ketika proses penyimpanan satu siswa baru maka kita dapat mengisi tab satunya lagi dan seterusnyta.

Bagaimana caranya ? Simak ya tutorial berikut ini :
  1. Buka Mozilla Firefox ( Saran )
  2. Kemudian bersihkan cache dan browsing data terlebih dahulu
  3. Setelah itu silahkan kunjungi web emis dilanjutkan login ke aplikasi emis
  4. Jika sudah berhasil login maka silahkan langsung akses http://emispendis.kemenag.go.id/emis_madrasah/siswa/addnew ( Tidak perlu klik menu siswa aktif langsung ke alamat tersebut agar langsung terbuka menu tambah siswa baru )


  1. Silahkan isi data siswa baru yang akan anda tambahkan
  2. Setelah terisi semua Klik Simpan
  3. Disini paling penting ketika proses penyimpanan data yang masih loading tersebut silahkan klik tab baru dan masukkan alamat menu tambah siswa baru hingga beberapa TAB. Misalkan 5 tab atau lebih yang penting disesuaikan dengan kondisi laptop atau PC


  1. Sehingga nanti ketika sedang proses penyimpanan tab nomor 1 anda bisa menambah data siswa baru lagi ke tab nomor 2, nomor 3 dan tab seterusnya
  2. Kemudian silahkan cek masing - masing TAB jika sudah muncul notifikasi sukses silahkan klik OK
  3. Tetapi apabila tidak kunjung muncul notifikasi sukses, silahkan buka menu siswa aktif dan silahkan cek masing - masing data yang masih kosong dengan meng klik menu ubah profil siswa.
  4. Kasus yang kami alami ketika proses penyimpanan berjalan dan tak kunjung muncul notifikasi sukses. ternyata setelah kami cek di menu siswa aktif pada bagian ubah profil siswa ternyata sudah tersimpan di menu siswa aktif. Sehingga kami lengkapi NIS lokalnya alhasil datanya muncul di menu siswa aktif. Dengan demikian proses loading tersebut dapat anda Close saja dan melanjutkan input data siswa baru selanjutnya.

Seperti itulah Tutorial Menambah Siswa Baru Di Web Emis Madrasah. Ingat cara ini sudah kami gunakan sejak awal ada web emis madrasah dan hasilnya memang cukup memuaskan. Silahkan bisa dicoba sendiri, Ingat pastikan akseslah web emis madrasah ketika pengguna emis sedang sepi. Maka nanti tidak akan terjadi error seperti Interneal Server Error.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel