Cara Daftar Akun Operator Sekolah Atau Madrasah Pada Web sdm.data.kemdikbud.go.id


AntariMedia.com - Memiliki hak akses sebagai Operator Sekolah / Madrasah pada akun sdm.data.kemdikbud.go.id merupakan hal penting. Dikarenakan akun pada web tersebut dapat digunaka untuk berbagai kepentingan mengenai Verval.

Pada web sdm.data.kemdikbud.go.id terdapat beberapa verval terkait data yang ada pada lembaga pendidikan. Diantaranya adalah Verval Sp, VervalPd dan Verval PTK. Dari ketiga verval tersebut jika diurutkan dari yang terpenting adalah vervalpd yang menempati urutan pertama. Sebab pada VervalPd lembaga harus memverifikasi dan memvalidasi terkait data NISN.

Maka dari itu pentingnya memiliki akun di web sdm.data.kemdikbud.go.id adalah suatu keharusan. Dengan demikian anda bisa melakukan Verval Pd (Verifikasi dan Validasi Peserta Didik). Supaya NISN yang dimiliki oleh peserta didik memang benar -  benar sesuia dengan realita.

Selain itu juga Verval SP (Verifikasi dan Validasi Satuan Pendidikan) juga hal penting yang harus diselesaikan. Sebab pada Verval SP ini menyangkut ijin operasional dan identitas suatu lembaga pendidikan.

Jadi sudah pahamkan untuk apa kegunaan dari akun Operator Sekolah / Madrasah di web sdm.data.kemdikbud.go.id. Lalu bagaimana cara mendaftar akun operator di web sdm.data.kemdikbud.go.id?

Cara Mendaftar Akun Operator Sekolah / Madrasah di Web sdm.data.kemdikbud.go.id
Baiklah pada kesempatan kali ini admin akan memberikan tutorial tentang bagimana langkah mendaftar akun operator pada web sdm.data.kemdikbud.go.id. Bagi anda yang sedang membutuhkan silahkan pelajari caranya berikut ini:

Persiapan :

  1. Sebelum ke langkah - langkahnya, silahkan anda siapkan Surat Penugasan sebagai operator / SK Operator anda.
  2. Kemudian Scan surat tersebut dalam format PDF dengan ukuran maksimum 2 Mb (Ditandatangani Kepsek dan Cap)

Langkah - langkah :


  1. Buka browser, pastikan perangkat sudah terhubung ke internet
  2. Buka situs web sdm.data.kemdikbud.go.id
  3. Setelah terbuka, Klik Menu Registrasi Anggota selanjutnya Klik Operator Sekolah




  • Kemudian akan muncul Formulir Isian BIODATA
  • Silahkan isi formulir tersebut dan perhatikan kolom yang bertanda bintang (*) berarti wajib diisi. Contohnya seperti ini



Kemudian pada kolom surat penugasan silahkan Klik Choose File dan cari dimana anda menyimoan scana berkas tesebut. Kemudian Open


Seteleh terisi semua biodata dan scan surat penugasan, pastikan data yang anda isikan valid.
Selanjutnya Klik Registrasi, tunggu hingga muncul pesan berhasil


Setelah anda registrasi, maka tidak langsung disetujui oleh admin, anda harus menunggu hingga berkas registrasi di setujui. Selama menunggu diperiksan anda bisa mengeceknya di menus status pendafataran. Jadi kapan saja anda bisa mengeceknya dengan memasukkan alamat email yang anda masukkan ketika mendaftar.

Untuk berapa lama akun disetujui jawabannya belum pasti, diperkirakan estimasi waktunya ialah 1-3 Hari. Jadi harap bersabar dan terus lakukan pengecekan untuk memantau perkembangan hasil registrasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel