BPK jadi Instansi Terakhir yang Tutup Pendaftaran Besok Sabtu, 7 Desember 2019
BPK jadi Instansi Terakhir yang Tutup Pendaftaran Besok Sabtu, 7 Desember 2019

BPK jadi Instansi Terakhir yang Tutup Pendaftaran Besok Sabtu, 7 Desember 2019

AntariMedia.com - Beberapa instansi yang membuka lowongan pendaftaran CPNS 2019, sudah menutup pendaftarannya pada akhir November kemarin. Beberapa instansi memperpanjang masa pendaftarannya hingga awal bulan Desember 2019.


AntariMedia.com - Beberapa instansi yang membuka lowongan pendaftaran CPNS 2019, sudah menutup pendaftarannya pada akhir November kemarin.

Beberapa instansi memperpanjang masa pendaftarannya hingga awal bulan Desember 2019.

Dikutip dari portal SSCASN jadwal penutupan pendaftaran CPNS 2019 paling akhir adalah 7 Desember 2019.

Instansi terakhir yang menutup pendaftaran CPNS adalah Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang tutup pada Sabtu (7/12/2019) pukul 16.00 WIB.

Dalam surat keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor: 874 Tahun 2019, menyampaikan tentang rincian kepegawaian Pegawai Negeri sipil di Lingkungan Badan Pemeriksa Keuangan Tahun Anggaran 2019.

Sejumlah 348 formasi yang tersedia untuk berbagai unit kerja di lingkungan Badan Pemeriksa Keuangan Tahun 2019.

Ketentuan dan persyaratan bagi pelamar dapat dilihat pada laman https://sscn.bkn.go.id dan https://cpns.bpk.go.id.

Untuk mengecek jadwal penutupan pendaftaran CPNS 2019 di kementerian/lembaga dan pemerintahan, pelamar dapat melihat data tersebut pada situs https://sscndata.bkn.go.id/tutup.

Dikutip dari Facebook BKN, update terakhir BKN jumlah pelamar seleksi CPNS 2019 per 4 Desember 2019 pukul 15.43 WIB mencapai 5.054.936 pendaftar yang membuat akun.

Dari seluruh jumlah pembuat akun, baru 4.429.209 pendaftar yang sudah mengisi formulir, serta 4.185.776 pelamar yang sudah menyelesaikan hingga tahap submit data.

Berikut jadwal pengumuman seleksi administrasi dari empat instansi dengan pelamar terbanyak yang membuka Lowongan CPNS 2019 yang dikutip Tribunnews dari masing-masing website instansi:

1. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) diumumkan pada tanggal 12 Desember 2019.

2. Kementerian Agama diumumkan pada tanggal 10 Desember 2019.

3. Kejaksaan Agung diumumkan pada tanggal 10 Desember 2019.

4. Mahkamah Agung diumumkan pada tanggal 31 Desember 2019.

Para pelamar diharapkan segera menyelesaikan tahap pendaftaran sesegera mungkin, karena mengingat waktu penutupan instansi sudah dekat.

Proses pendaftaran dilakukan secara online melalui situs sscn.bkn.go.id, dan masih bisa diakses oleh seluruh pendaftar atau pelamar CPNS.

Pastikan email yang digunakan untuk mendaftar cpns secara online aktif, karena semua informasi pendaftaran akan diinformasikan melalui email.

Pelamar hanya bisa mendaftar pada satu instansi dan satu formasi jabatan di Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota.

Setelah pelamar selesai melakukan unggah berkas dan submit data pada pendaftaran, masih ada lagi tahap berikutnya yang harus dilaksanakan oleh para pelamar.

Setelah pendaftaran, jadwal berikutnya ialah verifikasi berkas, penutupan verifikasi dan pengumuman hasil seleksi administrasi CPNS 2019 yang rencananya akan berlangsung pada 16 Desember 2019 mendatang.

Update terbaru CPNS 2019, BKN mengimbau seluruh instansi pusat dan daerah yang membuka formasi CPNS 2019 agar memberikan informasi terkini secara berkala mengenai detil jumlah pelamar pasca pendaftaran hingga waktu penutupan pendaftaran.

Melalui postingan Twitter pada Rabu (3/12/2019) pada pukul 22.30 WIB, BKN meminta kepada seluruh instansi untuk secara berkala dan transparan dapat menginformasikan tentang kemajuan proses verifikasi data CPNS 2019.

Dilansir dari Twitter @BKNgoid, pengumuman ini disampaikan melalui siaran pers BKN Nomor: 090/RILIS/BKN/XII/2019, yang berisikan himbauan untuk menginformasikan data terbaru CPNS 2019.

Verifikasi berkas BKN sudah dimulai.

Sebanyak 3.705 pelamar terhitung memperebutkan 180 formasi.

Batas akhir pendaftaran paling lambat adalah pada tanggal 7 Desember 2019 pukul 16.00 WIB.

Pada seleksi CPNS tahun 2019, BKN membuka 180 formasi yang terdiri dari berbagai jenis formasi pendaftar, dari mulai pendaftar jalur khusus hingga umum.

BKN mengimbau kepada seluruh Instansi Pusat dan Daerah yang membuka formasi CPNS tahun 2019 untuk dapat memberikan informasi terkini secara berkala.

Detil jumlah pelamar pasca-penutupan pendaftaran beserta kemajuan proses verifikasi yang dilakukan harus disampaikan kepada khalayak karena ini merupakan bentuk transparansi dalam pelaksanaan seleksi CPNS 2019.

Informasi ini disampaikan Plh. Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara, Muhammad Ridwan pada Selasa (2/12/2019) melalui siaran pers.

Disampaikan juga melalui akun media sosial @BKNgoid, beberapa instansi sudah mulai melakukan proses verifikasi data.

Seleksi CPNS menggunakan sistem online yang mumpuni dengan Computer Assisted Test (CAT) yaitu semua data dan informasi tes diolah secara langsung melalui sistem komputer.

Tes untuk seleksi CPNS setelah lolos seleksi administrasi adalah terdiri dari SKD dan SKB.

Untuk mendukung suksesnya seleksi CPNS 2019, beberapa daerah mulai menyediakan simulasi CAT CPNS 2019 bagi para pendaftar yang telah mendaftar di akun SSCN.

BKN menyediakan akses untuk latihan belajar dan berlatih mengerjakan soal dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test atau CAT ini.

Untuk dapat mengikuti simulasi, kamu harus mengunjungi laman CAT BKN, cat.bkn.go.id. untuk melakukan pendaftaran akun, lalu Anda baru bisa mencoba simulasi tes CPNS secara online ini.

Layanan Simulasi CAT ditujukan kepada warga yang sudah mendaftar CPNS 2019 dan ingin mencoba atau berlatih mengerjakan soal.

Selain itu, di beberapa darah juga sudah membuka adanya layanan simulasi CAT CPNS ini, sebagai fasilitas pendukung CPNS 2019.

Pelamar diberikan waktu sanggah maksimal tiga hari setelah pengumuman dan instansi diberikan waktu maksimal tujuh hari untuk menjawab sanggahan tersebut.

Bagi pelamar yang ingin menyanggah hasil seleksi administrasi CPNS 2019 diberi waktu pada 16–19 Desember dan kemudian dilanjutkan dengan pengumuman masa sanggah pada 26 Desember.

Sanggah bisa dilakukan jika dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) pada Seleksi Administrasi CPNS 2019.

Masa sanggah CPNS 2019 adalah waktu atau masa yang diberikan kepada peserta CPNS untuk memberikan sanggahan atau protes terkait hasil seleksi administrasi.

Untuk seluruh pelamar CPNS sebaiknya mempersiapkan diri dan selalu mengikuti update kabar terbaru dari BKN tentang seleksi CPNS 2019.

Untuk hasil dari seleksi administrasi, peserta dapat melihat ke website resmi masing-masing instansi.

Sumber: Tribunnews.com

Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.