Ini Bahaya Bermain Handphone setelah Bangun Tidur


AntariMedia.com - Telepon pintar atau hp kini menjadi alat penunjang keseharian. Mulai dari membuka mata, beraktivitas, sampai sebelum tidur, banyak orang sulit melepaskan dari gadget.

Beberapa orang juga punya kebiasaan berlama-lama menatap HP atau ponsel saat baru bangun tidur. Lembaga riset berbasis di Amerika Serikat, International Data Corporation (IDC) menyebut 80 persen pengguna HP mengecek polselnya selama 15 menit sesaat setelah bangun pagi. Akibatnya, waktu produktif di pagi hari tersita karena kita mager dan tak kunjung beraktivitas.

Apa kamu punya kebiasaan bangun tidur langsung main HP? Jika iya, lebih baik segara tinggalkan kebiasaan tersebut. sejumlah bahaya kesehatan mengintai ketika Anda main ponsel setelah bangun tidur.

Inilah bahaya bangun tidur langsung main handphone:

1. Merusak Mata
Layar LED di perangkat elektronik dapat mengeluarkan gelombang cahaya biru (blue light). Tak seperti namanya, cahaya biru yang dipancarkan layar elektronik justru berwarna putih terang.

Cahaya biru dari ponsel juga merupakan bagian dari spektrum cahaya penuh. Baca juga: Cahaya Biru Ponsel Mengganggu Tidur Studi menunjukkan paparan langsung cahaya biru dapat merusak retina. American Macular Degeneration Foundation memperingatkan kerusakan retina akibat paparan cahaya biru dapat menyebabkan degenerasi makula.

Penyakit ini dapat menyebabkan hilangnya penglihatan sentral. Untuk menghindari risiko tersebut, Anda disarankan untuk tidak terlalu lama menatap layar ponsel terutama dalam kondisi ruangan yang gelap.

2. Meningkatkan stres
kebiasaan bangun tidur main HP membuat Anda seketika melihat notifikasi media sosial, pesan email, hingga berita negatif. Hal itu berisiko memantik stres dan kecemasan. Rangsangan eksternal ini menarik perhatian Anda. Sehingga, Anda tidak diberi waktu dan ruang untuk memulai hari dengan tenang.

Psikiater di San Francisco, California, Dr Nikole Benders-Hadi, menganjurkan kita untuk segera beralih dari ponsel setelah bangun tidur untuk terhindar dari stres. “Membuka ponsel setelah bangun dapat meningkatkan risiko Anda memulai hari dengan stres dan merasa kewalahan,” kata Bender. Sebuah penelitian yang dilakukan University of Gothenburg di Swedia juga menyatakan kondisi serupa. Para peneliti mengukur efek penggunaan smartphone pada masyarakat kelompok usia 20-an selama setahun.

Hasilnya, penggunaan ponsel yang intens terkait dengan peningkatan risiko depresi pada pria maupun wanita. Jadi, jika Anda ingin memulai hari tanpa perasaan terburu-buru, stres, dan cemas, berhentilah memeriksa ponsel sesaat setelah bangun tidur.

3. Membajak waktu dan perhatian
Dengan memeriksa segala hal pada ponsel, Anda berarti telah membiarkan pikiran Anda terbajak pendapat, pemberitahuan, permintaan, maupun ide orang lain. Alih-alih memulai hari yang berfokus pada tujuan sendiri, Anda malah dipaksa untuk memikirkan kepentingan orang lain.

Hal itu bisa membuat awal hari menjadi kacau. Selain perhatian, membuka ponsel setelah bangun tidur juga akan membajak waktu Anda. Awalnya mungkin Anda hanya berniat mengecek email selama lima menit. Tapi, tanpa disadari Anda juga tergiur mengakses media sosial selama 30 menit. Kondisi itu bisa merusak agenda harian Anda. Waktu yang seharusnya bisa digunakan untuk mandi atau sarapan, justru terbuang karena main ponsel.

Anda pun bisa terlambat beraktivitas. Belum lagi, saat Anda harus menyiapkan makanan atau perlengkapan untuk keluarga. Ketimbang memeriksa ponsel, Anda lebih baik melakukan sejumlah kegiatan lain yang dapat merangsang otak setelah bangun tidur. Antara lain: Membaca Menulis gagasan Membuat jadwal harian Menyiapkan sarapan sehat Jika konsisten dikerjakan, kegiatan tersebut dapat mengurangi stres hingga membuat pikiran menjadi lebih fokus dan produktif.

4. Kurang produktif
Membaca berita di pagi hari dari ponsel dapat mengganggu kemampuan seseorang dalam memprioritaskan tugas. Dengan kata lain, kebiasaan bangun tidur langsung membuka ponsel membuat hari kurang produktif.

Penulis buku Never Check Email In The Morning, Julie Morgenstern, juga menyarankan hal tersebut. Menurut dia, kemampuan seseorang untuk fokus bisa menurun drastis ketika hari dimulai dengan terpaku pada ponsel. Kebiasan tersebut dapat menganggu pikiran sepanjang hari. (viva)
close
.....Klik 2x (Close).....