-->

Punya Gaji Besar tapi Cepat Habis, Ini Penyebabnya


AntariMedia.com - Habisnya gaji bulanan sering menjadi persoalan banyak orang. Gaji yang besar seringkali menjadikan orang memiliki hidup yang boros dan banyak pengeluaran. Hal ini diyakini sebagai sebab kurangnya uang walaupun gaji terbilang besar.

Melansir buku 'Bisa Saving tapi Tetap Shopping' karya John Afifi, Minggu (16/2/2020), tidak adanya perencanaan keuangan yang jelas menjadi dasar masalah ini terjadi. Tidak bisanya membendung keinginan menyebabkan uang yang dimiliki kerap habis begitu saja.

Gaji yang besar umumnya akan membuat seseorang lebih menggampangkan masalah keuangan. Sehingga kemudian tertarik dalam hura-hura dan membeli barang yang diinginkan bahkan barang mahal yang tidak jelas kegunaannya.

Selain itu tak dimilikinya tabungan prioritas bisa menjadi sebab gaji anda terus-menerus habis. Tabungan prioritas ini bukan hanya tabungan utama, melainkan tabungan yang dapat digunakan untuk menarik uang jika ternyata pengeluaran di bulan tertentu lebih besar.

Tinggal di tempat yang mahal juga bisa menjadi alasan. Tinggal di tempat yang berkelas justru disadari atau tanpa disadari membuat hidup lebih tak terkontrol. Orang yang memiliki gaji besar umumnya lebih suka tinggal di tempat yang mewah dan mahal seperti kos eksklusif, apartemen, atau perumahan elit.

Kebanyakan orang dengan gaji besar juga sering sulit membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Karena dalam pandangan mereka uang mudah didapatkan, sehingga keinginan dan kebutuhan itu disamakan.

Padahal kebutuhan dan keinginan jelas dua hal yang berbeda. Keinginan belum tentu menjadi kebutuhan. Juga sebaliknya, kebutuhan belum tentu menjadi keingianan. Ini juga salah satu penyebab gaji besar itu cepat habis.

Satu alasan lagi yang juga penting yang menyebabkan gaji cepat habis adalah penggunaan gaji untuk membeli aset yang nilainya terus menurun. Misalnya gawai baru, motor baru, dan mobil baru. Untuk terlihat kaya, biasanya orang yang bergaji besar sangat gemar menghabiskan uangnya pada hal-hal yang justru lebih menguras dompet.

Sumber: https://economy.okezone.com/read/2020/02/16/320/2169386/punya-gaji-besar-tapi-cepat-habis-ini-penyebabnya?page=1