-->

Amalan Sunnah di Bulan Sya’ban tahun 2020: Niat Puasa Sya’ban Latin, Arab dan Dalilnya.

Amalan Sunnah di Bulan Sya’ban tahun 2020: Niat Puasa Sya’ban Latin, Arab dan Dalilnya - Lajnah Falakiyah PBNU mengumumkan bahwa awal Sya’ban tahun 2020 ini jatuh pada malam Kamis, 25 Maret 2020. Hasil ini diputuskan setelah proses rukyah hilal pada hari Selasa kemarin tidak mendapatkan hasil, sehingga harus istikmal, yaitu disempurnakan bulan Rajab hingga tanggal 30.

Amalan Sunnah di Bulan Sya’ban tahun 2020: Niat Puasa Sya’ban Latin, Arab dan Dalilnya.
Tribunnews.com

“Awal Sya’ban 1441 H bertepatan dengan hari Kamis Legi (mulai malam Kamis), 26 Maret 2020 atas dasar istikmal, sebab rukyah pada Selasa petang tidak dapat melihat hilal,” tutur Sirril Wafa dalam rilisnya.

Ada beberapa amalan sunnah bulan Sya’ban yang bisa kita lakukan. Salah satunya adalah puasa sunnah Sya’ban. Salah satu dasar kesunahan melakukan puasa sunnah Sya’ban adalah kesunahan melakukan puasa sunnah pada bulan-bulan agung (asyhurul hurum), yaitu, Muharram, Rajab, Dzulqa‘dah, Dzulhijjah, dan Sya’ban.

Berikut ini lafal niat puasa Sya‘ban tahun 2020 jika kita niatkan pada malam harinya:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ شَعْبَانَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnati Sya‘bana lillâhi ta‘âlâ.

“Aku berniat puasa sunah Sya‘ban esok hari karena Allah SWT.”

Orang yang ingin berpuasa Sya‘ban di siang hari tetapi tidak sempat melafalkan niat dan berniat puasa di malam harinya boleh menyusul pelafalan niat dan memansang niat sunah puasa Sya‘ban seketika itu juga.

Kewajiban niat di malam hari hanya berlaku untuk puasa wajib. Untuk puasa sunah, niat boleh dilakukan di siang hari sejauh yang bersangkutan belum makan, minum, dan hal-hal lain yang membatalkan puasa sejak subuh.

Berikut ini lafal niat puasa sunah Sya‘ban di siang hari:

نَوَيْتُ صَوْمَ هَذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ شَعْبَانَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma hâdzal yaumi ‘an adâ’i sunnati Sya‘bana lillâhi ta‘âlâ.

“Aku berniat puasa sunah Sya‘ban hari ini karena Allah SWT.”

Wallahu a’lam.