-->

Cara Pakai Zoom Meeting di Laptop untuk Rapat Virtual

Cara Pakai Zoom Meeting di Laptop untuk Rapat Virtual
betterteam.com

Cara Pakai Zoom Meeting di Laptop untuk Rapat Virtual - Saat kerja dari rumah di tengah pandemi virus corona, kalian tentu mengandalkan aplikasi video call untuk rapat dengan rekan kerja. Di antara banyak aplikasi, kalian bisa menggunakan Zoom. Lantas, bagaimana cara memakai Zoom Meeting di laptop untuk rapat virtual dengan rekan kerja?

Sebelum membahas soal itu, kalian perlu tahu bahwa pada dasarnya, aplikasi ini ada platform konferensi video berbasis cloud yang dapat digunakan siapa saja untuk berkomunikasi dengan orang lain. Platform ini juga dapat mendukung hingga 1000 peserta, dan hingga 49 video pada satu layar.

Jika ingin mengadakan rapat secara online, kalian perlu mengunduh Zoom. Caranya, kalian pilih menu HOST A MEETING di zoom.us, lalu klik With Video On, kemudian klik download & run Zoom.

Pada aplikasi Zoom yang sudah terinstal di laptop, kalian akan melihat beberapa opsi berbeda. Untuk memulai rapat baru, kalian bisa pilih ikon oranye New Meeting.

Ikon tersebut akan mengarahkan kalian pada layar konferensi video virtual. Untuk mengundang klien atau rekan kerja kalian ke rapat, kalian bisa pilih Invite di bagian bawah layar.

Ada layar baru yang menyajikan berbagai metode untuk mengundang orang lain ke rapat dengan email. Pilihan email lebih mudah dibandingkan kontak, karena kalian hanya tinggal mengirim email undangan rapat yang lengkap dengan link Zoom Meeting, Meeting ID, dan Password. Bila ingin menggunakan kontak, kalian perlu membuat daftar kontak terlebih dulu.

Kalian juga bisa menyalin link rapat virtual pada ikon hitam bulat di kiri atas layar. Klik ikon tersebut, kemudian kalian akan menemukan Invitation URL, lalu klik Copy URL. Kalian bisa menyalin link tersebut di grup WhatsApp, misalnya.

Setelah itu, kalian tingga menunggu para undangan bergabung dengan rapat tersebut. Bila rapat sudah selesai, kalian sebagai host bisa mengakhiri rapat klik End Meeting di kanan bawah layar.

Sumber: https://uzone.id/cara-pakai-zoom-meeting-di-laptop-untuk-rapat-virtual