Peristiwa 9 Maret: Lahirnya WR Soepratman dan Peringatan Hari Musik Nasional


Peristiwa 9 Maret: Lahirnya WR Soepratman dan Peringatan Hari Musik Nasional - Berbagai macam peristiwa atau sejarah penting terjadi setiap harinya, termasuk pada 9 Maret. Okezone.com merangkum beberapa peristiwa yang terjadi pada hari ini, yaitu sebagai berikut:

1. Wage Rudolf Soepratman Lahir, 1903

Pencipta lagu kebangsaan Indonesia, yakni Indonesia Raya, Wage Rudolf (WR) Soepratman lahir pada 9 Maret 1903 di Jatinegara, Purworejo, Jawa Tengah.

Tanggal lahir WR Soepratman pun ditetapkan sebagai Hari Musik Nasional, walaupun banyak yang berpendapat bahwa ia lahir pada 19 Maret 1903.

2. Gempa Bumi Guncang Alaska, 1957

Gempa bumi berkekuatan 8,3 skala Richter terjadi di Kepulauan Andreanof, Alaska. Guncangan gempa tersebut pun memicu gelombang tsunami di Samudra Pasifik yang menimbulkan kerusakan yang luas di Hawaii dan Oahu.

3. Barbie Pertama Kali Dipamerkan, 1959

Boneka Barbie untuk kali pertama dipamerkan sekaligus dijual dalam Festival Mainan Amerika di New York, Amerika Serikat (AS) pada 9 Maret 1959. Tanggal ini juga ditetapkan sebagai ulang tahun boneka tersebut.

4. Peringatan Hari Musik Nasional

Setiap 9 Maret ditetapkan sebagai Hari Musik Nasional melalui Keputusan Presiden (Keppres) No 10 Tahun 2013 yang disahkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada saat itu.

Sebelumnya, Megawati Soekarnoputri telah lebih dahulu merencanakan adanya Hari Musik Nasional pada 10 Maret 2003 dengan ditandai pemencetan tombol situs resmi Persatuan Artis, Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI).

Diketahui, Hari Musik Nasional ditetapkan pada 9 Maret sebagai peringatan hari lahir Wage Rudolf Soepratman. Meskipun tanggal lahir pencipta lagu Indonesia Raya itu masih diperdebatkan.

Sumber: https://nasional.okezone.com/read/2020/03/09/337/2180200/peristiwa-9-maret-lahirnya-wr-soepratman-dan-peringatan-hari-musik-nasional
close
.....Klik 2x (Close).....