-->

Psikosomatik, Stres Pikiran yang Bisa Bikin Sakit Fisik

Psikosomatik, Stres Pikiran yang Bisa Bikin Sakit Fisik - Virus corona yang menyebar ke beberapa wilayah di Indonesia membuat banyak masyarakat khawatir. Tentu hal ini akan menimbulkan masalah psikis yang dapat berujung pada sakit fisik. Stres yang parah bisa membuat seseorang mengalami psikosomatik.

Psikosomatik, Cemas Berlebih yang Bikin Sakit Fisik
DokterSehat.com

Psikosomatik adalah penyakit fisik yang bisa diperparah karena stres, marah, cemas atau rasa sedih. Psikosomatik bisa memicu munculnya beberapa gejala sakit fisik seperti sakit perut, sakit punggung bagian belakang, sakit gigi, sakit kepala, bernapas dengan cepat, jantung berdebar, tremor (gemetar) hingga berkeringat.

Penelitian yang dilakukan oleh Harvard Medical School menemukan bahwa gangguan pada perut atau gastrointestinal terkait dengan disfungsi psikologis dari kegagalan komunikasi antara usus dan otak.

"Hubungan antara stres lingkungan atau psikologis dan tekanan gastrointestinal adalah hal yang kompleks dan bersifat dua arah. Stres dapat memicu dan memperburuk sakit perut, begitupula sebaliknya," demikian dikutip dari Health Harvard.

Apa Penyebab Psikosomatik?

Penyebab psikosomatik adalah stres dan rasa cemas yang berlebihan. Ketika kita merasa cemas, gejala fisik meningkat akibat dari aktivitas implus saraf yang dikirim dari otak ke berbagai bagian tubuh, dan adanya pelepasan adrenalin ke dalam aliran darah.

Pengobatan Psikosomatik Seperti Apa?

Untuk pengobatan psikosomatik akut bisa dikonsultasikan ke psikiater. Psikiater akan mengobati pasien dengan mendiagnosis dari berbagai aspek, termasuk durasi penyakit hingga kepribadian pasien. Akan tetapi yang terpenting adalah mengelola stres, kecemasan dan depresi sedini mungkin agar menghindarkan kita dari psikosomatik akut hingga psikosomatik nyeri dada.

Sumber: https://m.detik.com/health/berita-detikhealth/d-4951356/psikosomatik-stres-pikiran-yang-bisa-bikin-sakit-fisik