Kapan Indonesia Pulih dari Corona? Begini Jawaban Jokowi

Kapan Indonesia Pulih dari Corona? Begini Jawaban Jokowi

AntariMedia.com | Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Indonesia akan pulih dari pandemi virus Corona (COVID-19) dan terakselerasi (rebound) untuk mencapai target-target pembangunan pada 2021.

“Saya optimistis 2021 adalah tahun recovery, pemulihan dan tahun rebound. Untuk itu, selain kecepatan dalam mengatasi COVID-19, kita juga perlu kecepatan pulih, kecepatan untuk recovery (pemulihan),” ujar Jokowi saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2020 melalui konferensi video dari Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (30/4).

Musrenbangnas tahun ini digelar untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2021.

Presiden menekankan RKP yang disusun 2021 harus adaptif dengan kondisi ekonomi dan sosial Indonesia saat ini.

“Perencanaan pembangunan unutk 2021 harus adaptif dengan situasi yang kita hadapi saat ini. Apa yang kita kerjakan saat ini memberi fondasi bagi tahun-tahun yang akan datang,” kata Jokowi.

Jokowi menjelaskan, di tengah situasi pandemi COVID-19, pemerintah telah melakukan realokasi dan perubahan fokus (refocusing) anggaran ke dalam tiga prioritas, yakni prioritas kesehatan, prioritas jaring pengaman sosial dan prioritas stimulus untuk pemulihan ekonomi.

“Kita butuh kecepatan, untuk keselamatan seluruh rakyat Indonesia,” ujar dia.

Menurut Presiden, memang belum ada kepastian perihal pandemi COVID-19 ini akan berakhir di dunia. Namun, pemerintah tetap menyiapkan berbagai skenario kebijakan untuk mengantisipasi dampak ringan hingga dampak paling berat dari COVID-19 selama situasi pandemi.

“Setiap ahli punya hitungan berbeda. Beberapa negara maju yang menyatakan sudah recover’ (pulih) justru alami gelombang kedua. Kita harus siapkan skenario, dari ringan, sedang, berat hingga paling berat,” ujarnya.

“Saya optimistis 2021 adalah tahun recovery. Maka itu kita perlu kecepatan untuk pulih. Saya lihat negara yang akan menjadi pemenang bukan yang hanya cepat mengatasi COVID-19, tapi juga negara yang melakukan cepat recovery,” tambah Presiden.

Sumber: JPNN.com

Posting Komentar

www.addthis.com/dashboard to customize your tools -->
close
.....Klik 2x (Close).....