Tutorial Mencairkan Dana Kartu Prakerja Via OVO

Tutorial Mencairkan Dana Kartu Prakerja Via OVO

AntariMedia.com - Platfrom pembayaran digital OVO kini menjadi salah satu mitra pembayaran dalam Program Kartu Prakerja yang dicanangkan pemerintah untuk membantu mengembangkan kompetensi masyarakat Indonesia.

Bagi para peserta yang sudah mendaftar dan lolos penyaringan, akan mendapatkan bantuan berupa biaya pelatihan dan juga intensif.

Biaya pelatihan yang akan diberikan adalah sebesar Rp1 juta, sedangkan untuk intensif terdiri dari dua bentuk yakni intemsif pasca-pelatihan sebesar Rp600 ribu per bulan selama 4 bulan, dan insentif survei sebesar Rp50 ribu sebanyak 3 kali.

Dalam memberikan dana bantuannya tersebut, pemerintah bekerja sama dengan Bank BNI dan berbagai platform pembayaran digital. Bagi Anda yang tidak memiliki rekening BNI, Anda dapat menerima dana bantuan Program Kartu Prakerja melalui salah satu akun e-wallet LinkAja, GoPay, atau OVO.

Selanjutnya, dana yang diterima melalui e-wallet tersebut dapat dicairkan dengan mengirimkan uang ke rekening milik Anda.

Melansir website OVO, untuk mencairkan dana Program Kartu Prakerja melalui platform-nya tersebut, para pendaftar program Kartu Prakerja harus memasukkan nomor ponsel aktif yang telah terdaftar dalam OVO pada saat registrasi. Sementara itu, akun OVO juga harus menjadi akun OVO premier.

Untuk meng-upgrade akun menjadi OVO premier, yang diperlukan hanyalah KTP saja. Buka aplikasi OVO, lalu ketuk banner “Upgrade ke OVO Premier”. Nantinya, para pengguna akan diminta untuk foto diri dengan memegang KTP.

Apabila akun telah terverifikasi menjadi akun OVO Premier, Anda dapat mengirimkan uang insentif pada rekening Anda menggunakan cara sebagai berikut:

1. Masuk ke aplikasi OVO, pilih menu transfer
2. Pilih bank yang dituju
3. Ketik nomor rekening dan nominal uang yang akan ditransfer. Akan dikenakan biaya transfer sebesar Rp2.500 untuk sekali pengiriman uang menuju rekening bank.

Selain mendapatkan biaya pelatihan dan insentif bantuan tersebut, para peserta Program Kartu Prakerja juga akan mendapatkan sertifikat. Untuk mendaftar pada program pemerintah tersebut, Anda harus memenuhi syarat yakni: WNI, berusia minimal 18 tahun, dan sedang tidak menempuh pendidikan formal.

Bila Anda memenuhi syarat tersebut, Anda dapat mendaftarkan diri dilaman prakerja.go.id. Selanjutnya, Anda diharuskan mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar yang bertujuan untuk mengenali kompetensi dan potensi yang dimiliki setiap peserta.

Langkah selanjutnya, Anda dapat mengikuti dan menyelesaikan pelatihan apapun yang diinginkan. Saat ini, Program Kartu Prakerja telah bekerja sama dengan mitra platform digital Tokopedia, Ruangguru, Mau Belajar Apa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, Kemnaker, dan Pijar Mahir, sebagai mitra pelatihan peserta.

Sumber: tirto.id


Posting Komentar

close
.....Klik 2x (Close).....