-->
loading...

Berikut Cara Baru Daftar BLT UMKM Rp2,4 Juta jika Link Online Tidak Bisa di Buka, Yuk Buruan Coba!

AntariMedia.com - Para pelaku UMKM sejak Jumat 11 September malam mengaku merasa kesulitan untuk mengakses pendaftaran secara online di link https://siapbersamakumkm.kemenkopukm.go.id/. Entah apakah karena sudah ditutup atau memang jaringannya yang lemah sehingga laman tersebut tidak bisa diakses atau dibuka.

Bantuan umkm usaha mikro
Bantuan umkm usaha mikro 

Karena itu, para pelaku UMKM bisa mendaftarkan diri dengan cara baru secara manual. Anda jika pelaku usaha mikro ingin mendaftarkan atau mengajukan dirinya sebagai penerima bantuan, silakan datang ke Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah ( Kadiskop UKM ) Kabupaten/Kota di wilayah masing-masing.

Sementara untuk kriterianya, adalah pengusaha mikro yang sedang tidak menerima kredit modal kerja dan investasi dari perbankan (unbakable), dan pelaku usaha merupakan WNI.

Kemudian, mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK), mempunyai usaha mikro yang dibuktikan dengan surat usulan dari pengusul, bukan anggota Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/Polri ataupun pegawai BUMN/BUMD. Mempunyai usaha mikro yang dibuktikan dengan surat usulan dari pengusul sebagai lampiran.

Jika berjalan mulus, akan ada 9,1 juta pelaku UMKM yang sudah mendapatkan bantuan hingga akhir September 2020.
Bantuan ini ditargetkan menyasar untuk 12 juta pelaku UMKM. Menurut pihak Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM), hingga kini sudah ada 6 juta pelaku UMKM yang mendapat BLT. Artinya, masih terdapat kuota 50 persen untuk pelaku usaha yang ingin mendaftar.

Nantinya pelaku usaha akan diidentifikasi oleh lembaga pengusul yang terdiri dari dinas yang membidangi koperasi dan UMKM, koperasi yang telah disahkan sebagai badan hukum, kementerian/ lembaga, dan perbankan atau perusahaan pembayaan yang terdaftar di OJK.

Kementerian Koperasi akan melakukan penilaian kelayakan bersama Kementerian Keuangan dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Untuk memudahkan proses verifikasi, pendaftar diharap untuk memberikan informasi tentang kondisi usaha secara spesifik. Jika pendaftar dianggap layak, bantuan Rp 2,4 juta akan ditransfer langsung ke rekening masing-masing

Seperti diberitakan, pemerintah telah menyiapkan bantuan untuk para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terdampak Covid-19 sebesar Rp 2,4 juta. Proses pencairannya hanya bisa dilakukan satu kali.

Per 30 Agustus, dana tersebut diakui sudah tersalurkan hingga 50 persen. Pemberian bantuan tersebut ditargetkan kepada 12 juta pelaku UMKM.

Sumber: Ringtimesbali.com

Posting Komentar

close
.....Klik 2x (Close).....
loading...