-->

Mengenal Mooncake, Kue Bulan untuk Sambut Musim Gugur

AntariMedia.com - Sekalipun Indonesia tak mengalami musim gugur, tapi tradisi mooncake atau kue bulan sampai jua di sini. Ini karena warga Tionghoa di Indonesia rutin memperingati perayaan tahunan tersebut.

Kue bulan cina
Mooncake, Kue Bulan untuk Sambut Musim Gugur

Kue bulan adalah camilan yang identik dengan musim gugur. Sebuah festival khusus bahkan disiapkan, dikenal dengan sebutan Mooncake Festival. Tradisi kue bulan sebagai panganan wajib setiap festival musim gugur ini sudah jadi budaya warga Tionghoa sejak zaman dulu.

Gelaran ini dirayakan saban tanggal 15 bulan delapan kalender China. Untuk tahun ini, festival pertengahan musim gugur jatuh pada Kamis, 1 Oktober.

Menurut sejarah, kue bulan mulanya adalah sajian khusus pada pertengahan musim gugur sebagai penghormatan dan rasa syukur kepada Tuhan atas hasil panen. Ada banyak versi legenda kue bulan yang beredar di kalangan warga Tionghoa.

Festival ini kemudian jadi salah satu gelaran penting di China yang dirayakan dengan membuat dan makan kue bulan.

Kue bulan adalah kue kering berbentuk bulat. Biasanya dibuat dengan ukuran diameter 10 cm dan tebal 3-4 cm.

Kue bulan tradisional lazim diisi dengan kacang merah yang sudah dihaluskan atau biji teratai. Kue dengan ukiran khas huruf China ini juga berisi satu atau lebih kuning telur yang melambangkan bulan purnama.

Bagian luar dari kue bulan dibuat dari campuran telur bebek asin, sirup, tepung, minyak, gula, dan air.

Kulit kue bulan menyerupai kulit pai, kenyal, dan empuk. Pada bagian kulit ini pula terukir karakter Tionghoa sebagai harapan untuk umur panjang atau harmoni.

Sejumlah bunga dan tanaman juga jadi hiasan di bagian kulit kue bulan.

Hingga saat ini, ada beragam versi kue bulan. Umumnya, setiap daerah punya kue bulan dengan keunikan masing-masing.

Dikutip dari The Finder, sejumlah variasi yang terkenal di antaranya Gaya Beijing, Gaya Suzhou, Gaya Guangzhou, Gaya Yunnan, dan Gaya Kanton.

Selain itu, kue bulan yang populer saat ini adalah kue bulan snowskin. Kue ini berasal dari Hong Kong yang dibuat dari beras ketan.

Berbeda dengan mooncake lainnya, snowskin tidak dipanggang. Kue ini disajikan dingin dan lembut seperti salju. Isian kue bulan snowskin juga lebih modern seperti teh hijau, selai, dan sebagainya.

Saat ini, kue bulan banyak tersedia di toko roti. Anda dapat menjadikan kue bulan sebagai kudapan ringan di rumah. Mooncake juga cocok diberikan sebagai hadiah untuk orang lain.

Sumber: cnnindonesia.com

Posting Komentar