-->
loading...

Disimak ya, Inilah Kriteria PNS yang Akan Naik Gaji

AntariMedia.com - Pemerintah telah memberikan sinyalnya untuk menaikkan gaji aparatur sipil negara/pegawai negeri sipil (ASN/PNS). Kenaikan gaji tersebut akan diberikan kepada abdi negara tetapi dengan kriteria tertentu. 

Disimak ya, Inilah Kriteria PNS yang Akan Naik Gaji

Bagi PNS yang bekerja di garda terdepan, terluar, tertinggal (3T), berisiko tinggi, dan juga berkinerja tinggi akan memperoleh kenaikan gaji. Adapun formulasi Kebijakannya tengah dipersiapkan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN)

"Hal ini sangat penting dan harus didorong karena profesi ASN dengan bidang pekerjaan yang kompleks, berisiko tinggi, jauh dari akses pembangunan, membutuhkan insentif dan motivasi," kata Deputi bidang Kelembagaan dan Tata Laksana KemenPAN-RB Rini Widyantini dalam Webinar Keadilan dalam Kesejahteraan ASN yang diselenggarakan oleh LAN secara virtual, melansir dari situs CNBC Indonesia, pada hari Jumat (4/12/2020).

Dia berkata, jika kebijaksanaan itu dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan PNS yang berada di wilayah tersebut.

Dijelaskannya pula, pada tahun 2020 ini LAN mendapatkan mandat dari pemerintah untuk melaksanakan pengkajian pada level prioritas nasional agar merumuskan atau mereformulasi kembali model insentif ASN dengan karakteristik khusus.

Karakteristik khusus yang dimaksud adalah ASN berisiko tinggi, yakni ASN yang berada dalam lingkungan dan situasi strategis yang kemungkinan terpapar risiko dalam bidang kerjanya. Serta ASN yang melaksanakan tugas di wilayah 3T.

"Oleh karena itu, Kementerian PAN-RB mendukung penuh kajian terhadap pembaruan kesejahteraan ASN ini," ucapnya.

Perbaikan sistem kesejahteraan bagi ASN, kata dia selaras dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), yaitu perlunya reformasi pada sistem remunerasi dan sistem pensiun PNS yang lebih adil, kompetitif, dan disesuaikan dengan kemampuan keuangan negara.

"Reformasi tersebut mampu meningkatkan kesejahteraan PNS melalui penyediaan hunian yang layak dan terjangkau, dukungan fasilitas yang lengkap dan terintegrasi, serta pengelolaan pemerintah yang bersih, efektif, dan terpercaya," tambahnya.

Posting Komentar

close
.....Klik 2x (Close).....
loading...