-->
loading...

Melisha Indonesian Idol Meninggal Dunia Diduga Alami Pembengkakan Jantung, Penyakit Apakah Itu?

AntariMedia.com - Hari Selasa Tanggal 8/12!2020 malam hari WIB, Kontestan Indonesian Idol 2020 yang bernama, Melisha Sidabutar meninggal dunia dan diduga alami pembengkakan jantung. 

Melisa Indonesian Idol Meninggal Dunia Diduga Alami Pembengkakan Jantung, Penyakit Apakah Itu?

Lalu, apakah itu pembengkakan jantung? 

Di dalam dunia medis sendiri, pembengkakan jantung lebih dikenal dengan kardiomegali. Kardiomegali adalah kondisi saat jantung alami pembesaran diakibatkan oleh penyakit tertentu, misal seperti hipertensi. Pembesaran jantung ini dapat terjadi ketika otot bekerja dengan terlalu keras yang membuatnya menjadi menebal, atau saat bilik jantung melebar. 

Meskipun begitu, pembengkakan jantung dianggap pula bukan sebuah penyakit melainkan tanda-tanda dari kondisi kesehatan lain. 

Biasanya jantung yang membesar bisa saja terjadi karena sedang mengalami stres jangka pendek pada tubuh, misal seperti kehamilan, atau kondisi medis, seperti lemahnya otot jantung, penyakit arteri koroner, permasalahan katup jantung, aritmia (Irama jantung tidak normal), atau cardiomyopathies.

Di dalam beberapa kondisi lain lagi, pembengkakan jantung bisa juga nanti sembuh dengan sendirinya, tapi ada juga yang bersifat permanen. 

Gejala pembengkakan jantung

Ada juga beberapa gejala yang muncul saat alami pembengkakan jantung. Diantaranya adalah Irama jantung yang serasa tidak normal, nyeri dada, batuk, pusing, kelelahan akut, napas pendek, perut kembung

Obat pembengkakan jantung

Kardiomegali yang ringan dapat sembuh dengan sendirinya tanpa harus diobati. 

Adapun cara pertama untuk mengobati masalah kesehatan pembengkakan jantung adalah dengan cara merubah gaya hidup. Dan berikut perubahan yang harus dilakukan:

- Menjaga agar berat badan tetap ideal
- Memantau selalu tekanan darah secara teratur
- Olahraga yang teratur
- Membatasu alkohol dan kafein bahkan kalo bisa hindari
- Tidur yang cukup
- Makan buah dan sayur selalu
- Kurangi olahan makanan yang tinggi gula, garam, dan juga lemak
- Berhenti merokok, pembengkakan pada kaki dan tangan.

Adapun pengobatan yang dianjurkan tergantung dari kondisi yang menyebabkan jantung membesar. Dan pastinya obat mungkin akan diresepkan guna mengobati irama jantung yang tidak normal dan tekanan darah tinggi. Diuretik dapat diresepkan sebagai menurunkan tekanan di arteri, sementara antikoagulan dapat mengurangi risiko penggumpalan darah.

Alat pacu jantung bisa dipasang untuk mengatur detak jantung pada mereka yang mengalami kardiomiopati dilatif. Orang dengan aritmia parah mungkin memerlukan implan cardioverter-defibrillator (ICD) untuk memberikan kejutan guna mengontrol ritme jantung. Selain itu operasi juga kerap dilakukan untuk mengatasi pembengkakan jantung seperti yang dialami oleh kontestan Indonesian Idol Melisha Pricilla Sidabutar.

Posting Komentar

close
.....Klik 2x (Close).....
loading...